Yang ada di Otak Cowok Soal Cewek Cantik dan Seks

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 2 September 2014

Yang ada di Otak Cowok Soal Cewek Cantik dan Seks

Cara kerja otak cowok memang beda, cowok mikirin sex sampai 8000  kali setiap hari. Wew! Apa sih, yang ada di otak cowok kalau melihat cewek cantik dan soal seks?

 

(Baca juga: Kenapa Remaja Punya Dorongan Seksual yang Tinggi)

 

Kenyataannya, memang sulit bagi cowok melepaskan pikiran "kotor" atau bernuansa seks. Kecenderungan itu, bikin beberapa orang nganggap cowok cetek. Padahal enggak, cuma emang bagian-bagian visual otak cowok aja yang emang kuat dan sanggup mengingat itu berulang-ulang, ditambah emosi kita juga mudah melecut-lecut kalau udah berkaitan dengan seks.

 

 

Hasil penelitian otak cowok

Tapi ada kabar lain, dari hasil penelitian Emory University di Atlanta, dengan menggunakan peralatan pencitraan canggih mereka menemukan bahwa amigdala, yakni saraf otak yang sanggup mengontrol emosi dan motivasi cowok ini, ternyata jauh lebih aktif jika dibandingkan saraf amigdala pada cewek, terutama ketika kita melihat materi bernuansa seksual atau bokep selama  kurang lebih 30 menit.

 

(Baca juga: Hubungan Antara Otak dengan Seks)  

 

Bagi cowok, suguhan erotis dalam gambar-gambar porno itu bukan sekedar tontonan semata. Melihat tayangan semacam itu, bisa saja nantinya membuat cowok mendapatkan visualisasi yang jelas, dan akhirnya membangkitkan motivasi lebih lanjut untuk melakukan tindakan seksual yang sesungguhnya.

 

Kenyataan ini, jelas membuktikan kalau cewek-cewek lebih mudah membajak otak cowok, dan sekali lagi visual mereka lebih gampang hadir di benak kita. Sebagai contoh, kalau lagi ada event yang mendatangkan SPG cantik, cowok mana yang enggak mampir dan diam terpaku di gerai yang ada SPG cantik itu.

 

(Baca juga: Seks di Mata Cowok)

 

Efek cewek cantik di otak cowok

Cewek cantik menyebabkan sistem limbic di otak cowok itu bergejolak. Sama seperti amigdala tadi, sistem ini mengatur emosi kita. Pada saat limbic bergejolak - secara medis, korteks prefrontal, bagian otak yang bertangung jawab soal perencanaan, pengorganisasian serta pengendalian impulsif, berusaha untuk menenangkan.

 

Hal ini menyebabkan area otak yang biasa membuat penilaian menjadi blank seketika, sehingga cowok jadi enggak bisa lagi berpikir dengan rasional saat ada di depan mereka. Itu sebabnya kita suka 'lose control' di hadapan cewek cantik dan/atau seksi.

 

 

(Baca juga: Remaja dan Perilaku Penyimpangan Seksual)

 

Efek seks dan dopamin

Selain itu, manusia punya yang namanya Dopamin, yaitu hormon yang menimbulkan kecanduan terhadap sesuatu. FYI, hormon ini keluar pada saat seseorang berhubungan seks. Tapi, Dopamin juga bisa dihasilkan setelah seseorang mengkonsumsi zat-zat yang bersifat adiktif, seperti rokok dan narkoba. Nah lho!

 

Dampak dari "banjir dopamin" dalam tubuh adalah munculnya rasa puas dan keinginan untuk kembali mencari kepuasan yang serupa. Kasarnya, seks dan heroin bakal menimbulkan efek kepuasan dan kecanduan yang sama dirasakan tubuh dan perasaan kita. Makanya kalau sudah pernah "mencoba", maka secara biologis kita merasa kepuasaan secara fisik dan mendorong untuk melakukannya lagi. Tapi sebenarnya, jika seorang cowok mau berusaha, semuanya bisa dikendalikan, kok.

 

(Baca juga: 5 Sex Education Facts)

 

(sobri/hai, foto: thehappytype.com, ghipy.com,  thoughtcatalog.com

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN