Waspada Kekerasan Dalam Berpacaran (Part Two)

Published by : Marti Posted on : Senin, 3 Maret 2014

Waspada Kekerasan Dalam Berpacaran (Part Two)

Kalau merasa yakin kita adalah korban kekerasan, cobalah untuk berani keluar untuk kebaikan kita sendiri. Untuk memulainya, cek dibawah ini.

 

Komunikasi Dengan Sahabat

Kalau ragu berkomunikasi dengan orangtua, kita bisa melakukannya dengan sahabat. Cari waktu luang dan cerita senyamannya kita. Minta dukungan penuh mereka untuk mencari pertolongan dan ikut menjaga kita dari ancaman pelaku.

 

Orangtua dan Guru

Setelah lega curhat ke sahabat dan berhasil menenangkan diri, saatnya maju ketahap tersulit. Sahabat enggak punya kekuatan untuk menolong kita 100%. Orangtua dan Guru adalah pilihan tepat, karena lebih paham tindakan dan jalan keluar lebih baik. Kalau orangtua kita marah, wajar. Hati mereka pasti terluka pas tahu anak mereka diperlakukan enggak baik oleh orang lain.

 

Lakukan Kegiatan Positif

Lupakan kejadian buruk yang menimpa kita. Cari kegiatan positif untuk membangun rasa percaya diri dan mengalihkan pikiran kita. Kita bisa hangout dengan sahabat, orang tua atau kakak dan adik.

 

Lupakan Masa Lalu

Yang sudah terjadi, anggap sebagai pelajaran kita. Enggak usah berlarut-larut dengan keadaan, karena akan buat kita semakin terpuruk. Lakukan aktivitas lebih baik dan cari suasana yang baru agar lebih bersemangat.

 

Bertahan

Ketika kita berusaha keluar dari lingkaran ini, kita harus berani bertahan. Biasanya, abuser punya cara sendiri dan tetap melanjutkan aksi kekerasannya terhadap kita. Pelaku bisa menjelek-jelekan kita dibelakang agar kita malu, dan bikin pelaku merasa senang. Pelaku juga bisa nekat melakukan hal apapun, bahkan menjadi stalker kita!. Untuk mencari celah mendekati kita kembali. Oleh karena itu dukungan orang tua dan orang sekitar sangat penting.

 

Kita harus bijaksana dalam memilih dan melanjutkan hidup dengan baik. Ayo, semangat!.

 

(Stefanie, foto : capitaleap.org)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN