Tips Cara Menghadapi Pacar Posesif Dari Psikolog

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 2 September 2014

Tips Cara Menghadapi Pacar Posesif Dari Psikolog

Pacar yang hobinya ngelarang kita alias overprotektif memang bikin serba salah. Mungkin dia menunjukkan rasa sayang ke kita, tapi kalau kita nggak boleh BBM atau teleponan sama temen cewek atau nggak boleh nongkrong bareng temen-temen, cowok ini udah masuk dalam kategori posesif. Simak cara menghadapi pacar posesif dari psikolog berikut.

 

(Baca juga: Duh, Pacarku Posesif!)

 

Kenapa pacar bisa posesif?

"Orang dengan tipe sifat yang posesif ini adalah tipe orang yang tidak percaya dengan dirinya sendiri. Contohnya, orang ini tidak percaya diri kalau dirinya memiliki kelebihan dalam hal penampilan fisik atau lainnya. Orang dengan tipe posesif juga cenderung untuk tertutup sehingga untuk mengembangkan kreatifitasnya sulit," tutur Fara Dwi Andjarsari, Spsi, Msi, dosen dan psikolog.

 

 

Kalau terus dibiarkan, sifat cewek ini bakal "mengancam" hubungan pacaran kita.

"Sifat yang posesif ini akan menimbulkan dirinya mudah untuk mengekang orang lain, khususnya teman dekatnya yang berhubungan dengan dunia luar. Jika hal ini terus berlanjut, maka dia akan sering menguasai pasangannya dan membuat hubungan ini tidak sehat," terangnya. Untuk mengatasi hal ini, Fara memberikan beberapa solusi, nih.

 

(Baca juga: Kamu Pacar yang Posesif)

 

Ngomong terbuka

Pertama cobalah membicarakan bahwa apa yang pacar lakukan membuat kamu merasa terkekang. Bentuk komunikasi dengan pasangan harus secara baik, sehingga tidak menimbulkan konflik atau masalah. Berikan penjelasan kepada pasangan bahwa kamu juga butuh waktu untuk berkumpul atau berhubungan dengan orang lain.

 

Memberi masukan

Memberikan masukan positif kepada pacar, bahwa dia punya banyak kelebihan yang membuatnya tak perlu khawatir dengan adanya keberadaan orang lain. Hal ini juga dapat memotivasi dan membangun kepercayaan diri pasangan kamu. Namun perlu diimbangi dengan sikap kamu yang bisa menjaga kepercayaannya nanti.  

 

 

Meyakinkan pacar

Meyakinkan pacar, bahwa kamu bisa menerima dirinya apa adanya. Sehingga hal tersebut membentuk percaya diri dan dapat mengembangkan kelebihan yang dia miliki. Kamu harus buktikan, bahwa dengan kamu melakukan cara ini, adalah bentuk rasa sayang kamu terhadap dia.

 

Selamat mencoba "menaklukan" pacar posesif ya! He-he-he.

 

(Baca juga: Keuntungan Punya Pacar Posesif)

 

(ega/hai, foto: collegetimes.com, tumblr.com

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN