Tanggal Cinta di Korea

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 20 Maret 2013

Tanggal Cinta di Korea

Tanggal 14 jadi tanggal kramat bagi orang Korea. Soalnya setiap bulan sepanjang tahun, semua orang merayakan tanggal 14 dengan penuh cinta.

 

14 Januari

Dikenal sebagai Diary Day. Di hari ini, sepasang kekasih atau sahabat saling bertukar diary. Diary diisi rencana dan cerita tentang hal yang mereka alami selama dua belas bulan mendatang. Fungsinya, supaya pasangan bisa saling jujur, mengingat berbagai momen penting dan saling menerima kekurangan masing-masing.

 

14 Februari

Di sebagian besar belahan dunia, Valentine's day adalah hari dimana cewek disayang banget sama cowok. Di hari itu, cowok-cowok menyiapkan kencan, membeli bunga atau hadiah. Tapi di tanggal 14 Februari di Korea, justru cewek yang memberi sesuatu kepada cowok. Biasanya cewek memberi cokelat, kue atau permen buatan sendiri untuk cowok yang mereka suka atau sayang.


14 Maret

Disebut juga White Day. Pada hari itu, cowok Korea membalas ungkapan dari cewek yang sebelumnya memberi hadiah di hari Valentine. Biasanya, cowok memberi hadiah dengan warna serba putih. Bunga mawar, boneka, mainan atau perhiasan adalah jenis hadiah yang populer di kalangan cowok-cowok.


14 April

Ini adalah hari spesial para jomblo alias orang-orang yang enggak mendapatkan hadiah saat Valentine dan White Day. Mereka datang bersama sahabat dan teman yang jomblo untuk seseruan menikmati jajangmyeon. Jajangmyeon atau makanan khas Korea berupa mie dengan saus chunjang (pasta kedelai asin hitam), potongan daging dan sayur jadi menu utama di hari tersebut. Mereka juga minum kopi hitam dan berpakaian serba hitam. Karena itu, 14 April diperingati sebagai Black Day.


14 Mei

Disebut sebagai Rose Day atau Yellow Day. Beberapa pasangan memakai baju bernuansa kuning di hari tersebut. Mereka juga saling bertukar bunga mawar untuk menyatakan cinta. Sementara bagi mereka yang single, mereka merayakan ini dengan pergi hangout dan makan kari bersama teman.


14 Juni

Untuk merayakan 14 Juni sebagai Kiss Day, banyak tempat di berbagai pusat perbelanjaan Korea mengadakan berbagai acara unik. Contohnya, kissing contest khusus untuk pasangan kekasih. Ciuman di hari itu juga akan dianggap spesial dan penuh perasaan.


14 Juli

Banyak orang yang udah jauh-jauh hari menunggu tanggal 14 Juli untuk memberikan perhiasan perak kepada pasangannya. Lewat perhiasan perak, mereka menyatakan keseriusan hubungan kepada orang yang dicinta. Enggak heran kalau hari tersebut dinamai Silver Day. Beberapa pasangan juga sengaja memilih tanggal ini untuk memperkenalkan pacar mereka kepada teman atau keluarga mereka.

 

14 Agustus

Pada hari yang disebut sebagai Green Day ini, banyak pasangan yang sengaja pergi hiking atau sekedar jalan-jalan di taman. Mereka memilih kencan di tempat terbuka untuk menikmati pemandangan alam yang hijau. Mereka memakai baju bernuansa hijau. Bagi yang jomblo, mereka pergi merayakan hari tersebut dengan minum soju (minuman yang mirip vodka dengan rasa lebih manis) yang berbotol hijau.


14 September

Selama sehari penuh, para pasangan saling bergantian memotret satu sama lainnya. Mereka juga berfoto bersama dengan outfits yang mirip. Malamnya, pasangan tersebut pergi ke noraebang (tempat karaoke Korea) di kota masing-masing untuk menyanyi bersama. Mereka juga saling bertukar CD musik. Karena itu, 14 September dinamai sebagai Photo Day dan Music Day.

 

14 Oktober

Pada tanggal 14 Oktober, para pasangan pergi kencan dan makan bersama di tempat spesial yang romantis. Karena mereka wajib memesan wine, maka hari itu sering disebut sebagai Wine Day. Meski begitu, bukan berarti mereka bisa bebas minum sampai mabuk. Udara dingin di bulan Oktober bikin wine jadi minuman yang pas karena hangatnya bisa sehangat perasaan mereka yang lagi berbunga-bunga. *onyit melet*


14 November

Pada hari itu, pasangan pergi ke luar untuk nonton film di bioskop. Tapi mereka juga bisa melakukannya di rumah. Uniknya selama nonton, cemilan wajib mereka adalah jeruk. Mereka juga memakai baju bernuansa warna orange. Karena itu 14 November dinamakan Movie Day dan Orange Day. Sama halnya dengan Jepang, meski Orange Day di Jepang jatuh pada tanggal 14 April, tapi makna dari orange sendiri adalah penegasan cinta.


14 Desember

Pasangan kekasih, keluarga dan teman di Korea saling berpelukan sebagi wujud rasa syukur mereka pada Tuhan karena saling menyayangi. Karena itu, hari tersebut dinamakan Hug Day. Selain sebagai simbol rasa sayang, pelukan juga dilakukan untuk menghangatkan tubuh di musim dingin. Ada juga orang-orang yang memeluk orang asing sebagai bukti cinta kasih sesama manusia.

 

(dea, foto: weheartit.com)

 

Tags : fun facts love

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN