Putus Ketika Lulus Sekolah?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 13 Maret 2013

Putus Ketika Lulus Sekolah?

Ada banyak hal yang bikin kita betah ngejalanin masa-masa SMA, kayak pulang bareng temen satu geng, datang ke pensi, dan punya pacar satu sekolah. Kadang yang ketiga itu enggak bertahan lama setelah kita masuk dunia perkuliahan. Masa SMA jauh banget berbeda sama kuliah. Lingkungan yang berubah, bikin diri kita juga berubah banyak.

 

Pacaran beda kampus, siap long distance?

Setelah lulus SMA, beberapa pasangan kadang enggak punya minat yang sama buat milih tempat kuliah. Jatuhnya, mereka jadi terpisah beda kampus. Bisa jadi beda kampus dalam satu kota atau bahkan yang terjauh beda pulau. Kita mungkin udah bikin janji bakal setia sama pacar, walau apa pun yang terjadi. Kenyataannya, mertahanin hubungan long distance atau jarak jauh itu susah.

 

Kita bakal punya kehidupan sosial baru di kampus dan itu bakalan makan banyak waktu. Teman-teman baru, lingkungan baru, dan penyesuaian sama dunia kampus butuh waktu. Terlebih lagi ada tugas-tugas kuliah yang perlu kita selesaikan. Di sela-sela kesibukan itu, kita masih harus mengatur waktu ketemuan bareng pacar, yang jaraknya bisa ditempuh dalam waktu yang lama. Karena semua itu, kita enggak bisa jarang banget ketemu pacar.

 

Your interest will change

Seiring bersosialisasinya kita sama lingkungan dan orang-orang baru, hal-hal yang kita sukai juga bakal berubah. Dunia kampus bikin kita terbuka sama pengalaman-pengalaman baru. Kita yang biasanya ngobrolin kesamaan kita bareng pacar, jadi awkward gara-gara enggak tau apa yang harus diobrolin. Lambat laun hal-hal yang biasanya kita suka sama pacar berubah.

 

Kita enggak lagi menyukai hal-hal yang sama kayak pacar. Begitu juga pacar kita yang punya lingkungan baru. Butuh waktu buat menyadari apa yang salah di antara kita sama pacar, sampai akhirnya kita sadar kalau dunia kita sama pacar enggak sama lagi.

 

Pacar bukan bodyguard!

Ketakutan kita ketemu orang-orang baru di kampus, bikin kita pengen ada di dekat orang yang bisa melindungi kita, pacar. Waktu memasuki dunia kuliah, banyak orang baru yang belum kita kenal dan pacar jadi orang yang paling dekat sama kita saat itu.

 

Kita enggak bisa berlindung di balik pacar terus-menerus. Punya kesempatan mendapatkan teman baru, tapi kita sia-siain gara-gara merasa aman ke mana-mana bareng pacar? It's a BIG NO!

 

Banyak cowok lain di luar sana

Kalau biasanya kita cuma ketemu pacar dan cowok yang itu-itu aja di sekolah, setelah masuk dunia kuliah semua itu bakal berubah. Lingkungan pergaulan kita bakal meluas dan kita bakal ketemu lebih banyak lagi cowok-cowok yang menarik. Enggak menuntuk kemungkinan, kalau kita bakal tertarik sama cowok lain.

 

Mungkin kita bakal mikir, kita sayang banget sama pacar dan enggak mau ninggalin dia. Tapi, coba pikir lagi, apa kamu benar-benar sayang atau cuma takut kehilangan dia. Kita enggak boleh mengekang perasaan kita dalam kesetiaan, sementara perasaan kita buat pacar udah enggak sebesar dulu.

 

(lana, glee.wikia..com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN