Peneliti Menemukan Penyebab Konflik Komunikasi Antara Cowok dan Cewek

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 17 Desember 2015

Peneliti Menemukan Penyebab Konflik Komunikasi Antara Cowok dan Cewek

Para peneliti di Edinburgh University, Skotlandia, menemukan penyebab utama konflik komunikasi antara cowok dan cewek. Dan bisa jadi merupakan akar masalah yang sering membuat cowok dan cewek salah paham. Apakah penyebab utama ini?

(foto: hercampus.com)

 

(Baca juga: Alasan Ilmiah Kenapa Cewek Senang Dipanggil 'Sayang'

 

Kemampuan cowok membaca ekspresi wajah

Para peneliti menyimpulkan kalau, cowok kurang mampu membaca ekspresi wajah. Ini yang membuat mereka seperti kurang peka. Ketidakmampuan ini bisa jadi "akar" dari masalah komunkasi antara cowok dan cewek. Salah satunya adalah ketika cewek sedang kesal tapi enggak mengungkapkannya secara verbal, tapi lewat ekspresi jengkel atau ngambek. 

 

Para peneliti menganalisa kemampuan menangkap arti ekspresi dengan cara memetakan otak cowok dan cewek. Saat diperlihatkan sejumlah foto dengan ragam ekspresi. Seluruh responden, cowok dan cewek, diminta untuk mendefinisikan masing-masing ekspresi dalam foto tersebut. Kemudian, jawaban yang diberikan oleh responden diukur berdasarkan akurasi dan kecepatan menjawab. 

 

(Baca juga: Perbedaan Otak Cowok dan Cewek - KAWANKU

 

Kemampuan cowok berempati

(foto: en.rocketnews24.com)

 

Kemudian, hasil studi juga menyebutkan kalau mayoritas cowok kurang bisa berempati, berpura-pura, dan menerjemahkan reaksi sosial lewat ekspresi dibandingkan cewek. 

 

"Penemuan kami menunjukkan kalau cowok kurang tanggap dalam mengekspresikan empati dan reaksi lainnya," ujar Profesor Stephen Lawrie, Pemimpin Penelitian. "Kemampuan strategi otak cowok dalam menanggapi berita sedih dan duka cenderung lebih lambat ketimbang cewek," tambahnya.

 

Lalu, Profesor Stephen Lawrie menjelaskan kalau menurut eksperimennya, terbukti teori kalau aliran darah ke bagian otak yang bereaksi untuk membuat keputusan emosional memang terlihat lebih bekerja keras kala melihat atau mendengar kabar duka dan sedih. Singkatnya, cowok lebih lambat dalam membaca emosi dan menunjukkan empat pada lingkungan sekitarnya. (Sumber: female.kompas.com)

 

(Baca juga: Perbedaan Cewek Dan Cowok Ketika Mengirim Pesan Saat Chatting)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN