Ini Dia Perbedaan Otak Cewek dan Cowok

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 4 Agustus 2014

Ini Dia Perbedaan Otak Cewek dan Cowok

Setelah mempelajari hampir 80.000 scan otak dan menganalisis berbagai makalah penelitian, Daniel G. Amen, Neuroscientist yang menulis buku Unleash The Power Of The Female Brain, menemukan bukti ilmiah bahwa otak cowok dan cewek pada dasarnya berbeda. Ini dia perbedaan otak cewek dan cowok.

 

Baca juga: Rahasia Ilmiah di Balik Pikiran Cowok

 

Kemajuan besar dalam pemindaian otak ini membuat para ilmuwan mendapatkan gambaran yang sangat jelas. Perbedaan otak menjelaskan kenapa perilaku seseorang bisa berbeda. Cowok dan cewek yang sama-sama cerdas sebenarnya menggunakan bagian otak yang berbeda untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan.

 

Daerah abu-abu
Otak manusia terdiri dari sel-sel otak yang melakukan pemikiran dan tindakan berbeda. Pada cowok, materi abu-abu lebih sedikit. Mereka cenderung menangani tugas dengan fokus single-minded, dan perhitungan yang minim saat bertindak. Sementara cowok lebih banyak pertimbangan sebelum melakukan sesuatu.

 

Baca juga: Mitos Salah Tentang Cowok

 

Ketajaman naluri
Ada sesuatu yang unik tentang struktur dan fungsi otak cewek sehingga memberikan keuntungan yang berbeda. Cewek memiliki area yang lebih besar di otak, enggak heran mereka lebih cepat bekerja sementara yang lain masih berpikir. Cewek jauh lebih baik dalam membaca isyarat, seperti bahasa tubuh atau nada suara.

 

Cewek juga memiliki area yang lebih besar di otak untuk pelacakan insting dan mengambil kesimpulan berdasarkan firasat. Sayangnya, kelebihan tersebut mengakibatkan cewek lebih mudah terserang gangguan kurang tidur, meningkatkan hormon, stres, dan penyakit gula.

 

Baca juga: 6 Alasan Jangan Mengubah Cowok

 

Sisi empati
Ilmu pengetahuan membuktikan, cewek memiliki sel lebih banyak di otak untuk mengontrol empati. Sedangkan pria fokus pada pemecahan masalah dan kurang peduli dengan emosional.

 

Jika ada yang meninggal, cewek akan lebih berempati dengan menangis atau sedih karena ikut merasakan kesedihan ditinggal orang yang dikasihi. Sementara cowok cenderung lebih bisa menahan diri tak menunjukkan emosinya, bahkan empatinya. Kesannya cowok berubah dingin atau enggak peduli saat ada hal-hal menyedihkan.

 

Baca juga: Perbedaan Otak Cowok dan Cewek

 

(noverita/tabloidnova.com, foto: wifflegif.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN