Cowok Jauh Lebih Pelupa Daripada Cewek

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 21 April 2014

Cowok Jauh Lebih Pelupa Daripada Cewek

Pernah merasa bingung kenapa kita sering lupa tanggal anniversary, atau hal-hal kecil lainnya? Sebuah penelitian mengungkapkan kalau cowok jauh lebih pelupa daripada cewek, terlepas dari usia mereka.

 

Pada kenyataannya, peneliti pun juga dikejutkan oleh betapa pelupanya para cowok ini. "Selain lebih pelupa, yang lebih mengejutkan ternyata sifat pelupa para pria tidak mengenal usia. Bisa saja dialami pada mereka yang berumur 30 atau 60 tahun," ungkap Profesor Jostein Holmen dari Norwegian University of Science and Technology.

 

Profesor Holmen dan timnya memberikan sembilan pertanyaan tentang seberapa banyak mereka bisa mengingat hal-hal tertentu. Mereka juga diminta untuk mengungkapkan seberapa sering mereka mengalami kesulitan mengingat sesuatu. Seperti nama dan tanggal, dan hal-hal yang yang terjadi selama satu tahun belakangan.

 

Penelitian ini dilakukan terhadap 48 ribu orang di Norwegia. Hasilnya, responden cowok melaporkan bahwa mereka mengalami delapan dari sembilan masalah ingatan ini. Sementara responden cewek memiliki ingatan yang jauh lebih baik. 

 

Dipengaruhi tingkat pendidikan

Masalah lupa ini ternyata juga dipengaruhi oleh pendidikan. Orang yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi ternyata berisiko lebih kecil untuk jadi pelupa. Orang-orang yang menderita kecemasan parah serta depresi ternyata juga bisa jadi lebih pelupa. 

 

"Kami telah berspekulasi tentang hal ini.Namun sayangnya kami belum bisa menemuan penjelasan secara ilmiah. Sebagai penelitian lanjutan, kami mencoba menentukan apakah ada hubungannya antara lupa di masa muda dengan demensia di usia tua," papar Holmen. (Sumber: Kompas.com)

 

(gita/hai, foto: imdb.com

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN