Cara Mudah Atasi Cemburu Berlebihan

Published by : Marti Posted on : Minggu, 9 Maret 2014

Cara Mudah Atasi Cemburu Berlebihan

Lihat pacar ngobrol sama cewek lain bawaannya langsung pengin marah-marah. Tahu pacar jalan sama temannya yang cewek langsung ngamuk, padahal bisa aja mereka jalan karena ada urusan sekolah. Dan, sering banget ada hal yang langsung membuat kita cemburu berlebihan, bahkan kadang hal sepele sekalipun.

 

Pernah merasakan hal tersebut? Cemburu memang hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Tapiiiii, cemburu berlebihan juga enggak boleh. Malah, cemburu yang berada di luar batas ini bisa membahayakan hubungan, lho. Daripada mengancam hubungan dengan pacar, yuk cari cara mengatur rasa cemburu yang berlebihan ini.


Cari Tahu Apa Alasannya

Pastinya, sih, selalu ada alasan di balik setiap tindakan, termasuk kenapa kita bisa sangat cemburuan. Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi cemburu berlebihan adalah melihat apakah tindakan kita tersebut cukup beralasan atau enggak. Lihat juga apakah tindakan kita tersebut terasa mengganggu atau enggak.

 

Ketika kita menyadari kalau tindakan tersebut enggak punya alasan yang kuat, segera berhenti memikirkannya. Jika perlu, buat daftar berisi hal-jal yang sering memancing cemburu dan alasannya. Jika nanti kita kembali merasaka perasaan tersebut, kita bisa langsung berhenti untuk memikirkannya.


Jangan-Jangan Kita Merasa Insecure

Salah satu penyebab kita jadi cemburuan adalah karena perasaan insecure yang dimiliki. Kita seringkali mudah cemburu kepada orang lain yang sangat berbeda dibanding kita sehingga mengancam keamanan hubungan dengan pacar. Misalnya, cemburu terhadap cewek yang lebih kurus, lebih aktif, atau lebih kaya.

 

Jika memang penyebab cemburu adalah perasaan insecure ini, coba seimbangkan pemikiran negative tersebut dengan memikirkan kelebihan kita. Sehingga lama-lama, kita enggak lagi merasa terancam karena mempunyai kelebihan juga.


Lupakan Masa Lalu

Masa lalu seringkali jadi hal yang paling membahayakan hubungan. Entah itu hubungan pacar dengan mantan atau kesalahan yang pernah kita atau pacar lakukan dulu sehingga takut hal tersebut akan terjadi lagi. Kita enggak akan bisa menjalani hubungan ini dengan tenang jika terus terikat dengan masa lalu. Jika cemburu berawal dari kesalahan di masa lalu, seperti pacar pernah selingkuh, segera lupakan hal tersebut dan yakin kalau sekarang dia enggak akan selingkuh lagi. Begitu juga terhadap mantan. Jangan terlalu dipikirkan dan fokus kepada hubungan yang sedang dijalani sekarang.

 

Memberi Dan Meminta Penjelasan

Kadang, tingkah seseorang bisa terasa aneh. Jadi wajar jika suatu waktu kita merasa ada yang salah dengan tingkah pacar. Tapi, bukan berarti dia salah. Sebelum keadaan jadi rumit karena kita langsung cemburu dan menyalahkan pacar, ambil waktu untuk menanyakan tindakannya itu. Siapa tahu cuma kita aja yang kelewat sensitif, he-he-he. Dalam pacaran, komunikasi itu penting. Karena itulah, kita harus menyediakan waktu untuk meminta dan memberi penjelasan jika dibutuhkan.


Saling Percaya

Kita enggak bisa mengendalikan tingkah laku orang lain, termasuk jika ada cewek lain yang flirting kepada pacar. Enggak ada gunanya marah-marah kepada pacar padahal dia enggak salah apa-apa. Jika kita sudah percaya kepada pacar, cemburu untuk hal ini jadi enggak dibutuhkan lagi, girls.

 

Tingkatkan Komunikasi

Seringnya, cemburu muncul karena kita jarang bareng atau komunikasi yang enggak lancar. Kesibukan sekolah dan aktivitas lain membuat kita jarang menghabiskan waktu bareng pacar, jadi kita enggak terlalu tahu apa yang dialami pacar. Sehingga wajar jika timbul kecurigaan dan cemburu. Bahkan, kita bisa cemburu sama teman-teman dia yang lebih sering bareng dia ketimbang kita. Karena itu, sebaiknya perbanyak waktu untuk ketemuan. Selain itu, tingkatkan juga komunikasi dengan pacar. Meski enggak ketemu, setidaknya kita tahu dia sedang melakukan apa.

 

Jangan Terlalu Kepo

Karena pengin tahu tentang pacar, kita selalu mengecek sosial media dia. Dan, ada mention atau komen yang menimbulkan cemburu. Kita juga sering kepo dan memeriksa handphone pacar sehingga bisa saja menimbulkan kesalahpahaman karena cemburu. Karena itu sebaiknya kita enggak terlalu sering mengecek sosial media pacar karena hal ini bisa menyebabkan pertengkaran akibat cemburu.

 

(iif. foto: forums.soompi.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN