Asian Romeo and Juliet

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 1 Mei 2013

Asian Romeo and Juliet

Enggak ada kisah cinta yang lebih tragis daripada Romeo dan Juliet. Kisah sedih ini juga ditemui di berbagai negara, lho! Kisah-kisah ini sebenarnya karangan para penulis yang menjadi mitos. Sampai-sampai dipercaya seperti benar-benar terjadi. Tapi kisah tragis kayak gini, kayaknya cukup sampai jaman Sitti Nurbaya aja yah, hu hu hu!.

 

CHINA: Zhu Yingtai dan Liang Shanbo

Diangkat dari Liang Zhu karya penulis Zhang Du (abad ke-7 Masehi).

Di China ada kisah Zhu Yingtai, seorang cewek dari keluarga kaya yang menyamar jadi anak cowok untuk bersekolah. Di sekolah, ia bertemu Liang Shanbo dan jatuh cinta. Tapi Shanbo enggak tahu kalau Yingtai itu perempuan. Yingtai lalu meminta Shanbo datang ke rumahnya untuk dijodohkan dengan 'adik perempuan'nya. Padahal Yingtai berencana membongkar rahasianya dan mengutarakan perasaannya. Di luar dugaan, keluarga Yingtai enggak setuju dan memaksanya menikah dengan cowok lain.

 

Karena patah hati, Shanbo sakit lalu meninggal. Di hari pernikahannya, Yingtai melewati kuburan Shanbo. Dia berdoa kuburan itu terbuka. Ajaibnya, kuburannya bener-bener terbuka. Yingtai pun loncat ke dalamnya. Ketika kuburan itu tertutup muncul dua kupu-kupu putih yang terbang bersamaan. Makanya sebagian orang China percaya kalau kupu-kupu putih adalah roh manusia yang terbang menuju kahyangan.

 

JEPANG: Tokubei dan Ohatsu

Diangkat dari sandiwara boneka Sonezaki Shinju karya Chikamatsu Monzaemon (1683).

Jepang punya kisah tragis Tokubei dan Ohatsu. Tokubei, seorang yatim piatu bekerja untuk pamannya yang kaya. Pamannya memberi ibu tiri Tokubei uang, supaya Tokubei bisa dijodohkan. Tokubei menolak karena dia mencintai Ohatsu. Tokubei pun dipecat dan meminta uangnya dikembalikan. Setelah uangnya terkumpul, Tokubei malah meminjamkannya pada temannya, Kuhenji.

 

Enggak disangka, setelah kaya, Kuhenji enggak mau mengembalikan uang pinjamannya. Dia malah melaporkan kalau Tokubei memerasnya dan memukulinya. Kuhenji bahkan berniat menikahi Ohatsu. Tokubei dan Ohatsu melarikan diri. Tapi karena Tokubei semakin lemah, mereka berdua ditemukan meninggal di sebuah hutan. Saking terkenalnya kisah ini, Tokubei dan Ohatsu dibuat patung di Chikamatsu Park di Amagasaki, Jepang. Di taman ini juga ada Chikamatsu Memorial Hall, patung, dan kuburan Chikamatsu.

 

KOREA: Prince Hodong and Princess Nakrang

Diangkat dari buku sejarah Korea Samguk Sagi (1154).

Kisah cinta di Korea punya latar belakang sejarah kerajaan. Ceritanya tentang Pangeran Hodong dari kerajaan Goguryeo yang bermaksud menyerang kerajaan Nangnang. Enggak disangka ia jatuh cinta pada putri Nakrang dari Nangnang. Dikisahkan, Nangnang memiliki sebuah drum sakti yang akan berbunyi jika ada musuh menyerang. Tapi demi cintanya pada Hodong, putri Nakrang mengkhianati kerajaannya sendiri dan merusak drum itu.

 

Tiba-tiba dalam peperangan, Putri Nakrang terluka dan meninggal dalam pelukan Pangeran Hodong. Karena sedih, Pangeran Hodong pun akhirnya bunuh diri. Kisah ini banyak diangkat menjadi film, serial, buku, sampai tema perangko di Korea. Reruntuhan kerajaan Goguryeo juga menjadi peninggalan sejarah yang berharga bagi Korea Selatan. Dan masih bisa kita temui sampai sekarang.

 

THAILAND: Kwan and Riam

Diangkat dari novel Plae Kao karya Mai Muang Doem (1936).

Thailand punya kisah Kwan dan Riam. Kwan, anak seorang petani jatuh cinta pada Riam, putri petani paling kaya di desanya. Cinta mereka enggak disetujui ayah Riam. Ia ingin anaknya menikah dengan Joi, anak orang kaya. Karena menolak, Riam dibuang ke Bangkok untuk menjadi pembantu keluarga kaya yang memberikan tanah pada ayah Riam. Sementara Kwan diminta untuk menjadi pendeta oleh ayahnya.

 

Suatu hari Riam kembali ke desa menaiki kapal calon suaminya yang kaya raya, Somchai. Kwan meminta untuk bertemu untuk terakhir kalinya. Kwan pun membakar kapal Somchai agar Riam bisa menemuinya. Tapi Kwan tertembak oleh Somchai. Dalam keadaan luka, Kwan berenang menemui Riam yang menunggunya di tepi sungai. Melihat Kwan semakin lemah, Riam melompat ke sungai dengan membawa sebuah pisau. Ada yang bilang kalau sungai tempat Kwan Riam bertemu ini adalah sungai San Sap di Bangkok, yang sekarang jadi salah satu tujuan wisata di Bangkok.

 

INDONESIA: Sitti Nurbaya dan Samsul Bahri

Diangkat dari novel Sitti Nurbaya karya Marah Rusli (1922).

Masih ingat kisah Sitti Nurbaya? Kisah klasik ini mengisahkan Sitti Nurbaya yang terpaksa menikahi Datuk Maringgih karena hutang ayahnya. Sitti pun mengirim surat pada kekasihnya yang sedang sekolah di Jakarta, Samsul Bahri. Ketika pulang ke Padang, Sitti sudah menikah dengan Datuk Maringgih. Tapi mereka tetap bertemu karena rindu. Ketika ini diketahui oleh Datuk Maringgih, ia marah. Ayah Samsul juga malu atas perbuatan anaknya, ia pun membuang Samsul ke Jakarta.

 

Di Jakarta, Samsul menerima surat yang mengatakan bahwa Sitti meninggal karena keracunan. Ia pun mencoba bunuh diri, namun gagal. Beberapa tahun kemudian, Samsul menjadi Letnan. Ia dikirim ke Padang untuk mengatasi kekacauan akibat Datuk Maringgih. Dalam kekacauan, Samsul menembah Datuk Maringgih. Namun ia terkena senjata Datuk Maringgih, sehingga ia pun meninggal. Untuk menghargai sang penulis, di Padang terdapat sebuah jembatan dan taman yang dinamai Sitti Nurbaya.

 

(astri, foto: japannavigator.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN