Alasan Ilmiah Kenapa Cewek Senang Dipanggil 'Sayang'

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 17 Desember 2015

Alasan Ilmiah Kenapa Cewek Senang Dipanggil 'Sayang'

Menurut peneliti, panggilan 'sayang' punya efek positif signifikan di otak cewek, seperti dirilis situs Psychology Today. Apa sebabnya? Ini dia alasan ilmiah kenapa cewek senang dipanggil sayang. 

(foto: tumblr.com)

 

(Baca juga: Fakta Ilmiah Paling Unik Soal Sakit Hati Karena Cinta)

 

Melepaskan hormon oksitosin

Menurut para peneliti, panggilan mesra ini efektif dalam melepas hormon oksitosin di tubuh cewek, yang menghasilkan perasaan bahagia dan hangat. Cewek yang sering dipanggil 'sayang' terbukti jarang mengalami stres dan lebih ikhlas dalam menghadapi tantangan hidup. Makanya, 'sayang' dianggap sebagai kata positif yang memberikan dampak baik pada cewek. 

 

"Panggilan 'sayang' menciptakan dopamin yang membuat kecanduan mendengar panggilan tersebut. Lalu, efek neurochemicals seperti oksitosin dan vasotosin, hormon cinta, membantu pasangan untuk membangun hubungan yang penuh cinta, kasih, dan loyalitas," jelas laporan Psychology Today.

 

(Baca juga: Inilah Alasan Ilmiah Cowok Sebenarnya Makhluk Yang Lemah)

 

Mempengaruhi energi tubuh

(foto: teen.com)

 

Penjelasan ini didukung oleh artikel situs Tech Knowledge, kata-kata positif dan negatif, memiliki efek terhadap energi tubuh, termasuk semangat dan motivasi. Orang yang sering mendengar kata 'tidak' cenderung lebih mudah stres, daripada mereka yang mendengar kata 'ya' dan 'sayang.' 

 

Sebuah laporan yang dipublikasikan oleh Harvard Law School mempelajari efek dari kata positif dan negatif. Menurut studi, gambar-gambar indah yang disertakan kata negatif, akan memberikan pengaruh buruk pada pilihan orang yang melihatnya.

 

Makanya, banyak karyawan profesional yang sangat berhati-hati dalam pemilihan kata untuk materi presentasi. Mereka menghindari menggunakan kata negatif, dan menggantinya dengan kata penolakan yang lebih diplomatis. (Sumber: female.kompas.com)

 

Gimana, girls. Senang dipanggil 'sayang?'

 

(Baca juga: Penjelasan Ilmiah Kenapa Kita Bisa Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN