7 Jenis Cinta Manusia (Bagian 2)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 13 Oktober 2014

7 Jenis Cinta Manusia (Bagian 2)

Tahu enggak, girls, kalau cinta manusia itu ada 7 jenis? menurut Robert Sternberg, psikolog Amerika Serikat, cinta memiliki tiga komponen dasar, yaitu, keintiman (intimacy), gairah (passion) dan komitmen (commitment). Ketiga komponen ini saling berkombinasi dan membentuk 7 jenis cinta manusia yang berbeda. Manakah cinta yang kita rasakan?

 

(Baca juga: 5 Alasan Cowok Takut Berkomitmen Sama Kita)

 

Cinta Setia

Jenis cinta ini sering ditemui di dalam pernikahan atau hubungan yang telah cukup lama terjalin. Dalam hubungan ini, biasanya gairah sudah pudar. Tapi, masih ada keintiman dan komitmen yang lekat. Cinta setia lebih kuat dibanding cinta pertemanan karena adanya komponen komitmen. Selain dalam hubungan pernikahan, cinta setia juga bisa ditemui di dalam hubungan persahabatan yang erat dan juga di antara kerabat keluarga.

 

 

Cinta Buta

 Dinamakan begitu karena komponen pembentuknya hanyalah gairah dan komitmen. Jenis hubungan cinta ini cenderung bersifat menggebu-gebu karena tidak ada keintiman yang dapat menstabilkan sebuah hubungan. Cinta buta bisa berdampak negatif karena biasanya melibatkan rasa ingin memiliki yang mengikat tiap individu. Padahal, mungkin saja hubungan tersebut tidak lagi berfungsi positif. Terbukti dengan tidak adanya rasa percaya sehingga kedekatan antara individu tidak terjalin.

 

(Baca juga: Fakta Unik Jatuh Cinta)

 

Cinta Sejati

Inilah cinta yang diidam-idamkan semua orang. Cinta paling sempurna dengan adanya komponen keintiman, gairah, dan komitmen yang membuat hubungan cenderung stabil. Komitmen yang terjalin didasari rasa saling menghormati (karena adanya kedekatan fisik dan emosional), juga hasrat untuk selalu bersama yang kuat. Inilah yang membuat cinta sejati lebih langgeng dibanding jenis cinta lain. 

 

(Baca juga: 7 Jenis Cinta Manusia Bagian 1)

 

(erma/chicmagz.com, foto: giphy.com)

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN