7 Hari Sembuh dari Patah Hati (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 8 Oktober 2014

7 Hari Sembuh dari Patah Hati (Bagian 1)

Sembuh dari patah hati memang susah banget. Maunya mengurung diri di kamar. Tapi, percaya deh, walau berat, ketika kita berhasil melakukan ini, hati akan terasa lebih lega dan kita siap "bersinar" kembali. Yuk coba tips 7 hari sembuh dari patah hati ini:

 

(Baca juga: Reaksi yang Normal Kita Alami Ketika Patah Hati)

 

Hari pertama: Menangis sepuasnya

Ini saatnya mengeluarkan semua kesedihan dan kekesalan di hati. Menangislah sepuasnya sampai kita merasa air mata sudah kering. Akan sulit menyembuhkan patah hati, kalau masih ada rasa yang mengganjal di dalam diri.

 

Jadi, siapkan satu boks tissue, dan silakan bersedih hati seharian. Apalagi, sebenarnya menangis adalah cara alami tubuh dalam mengatasi perasaan yang tidak diinginkan, seperti rasa sedih, tertekan, atau takut.

 

Bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa menangis bisa menjadi terapi bagi tubuh. Pasalnya, air mata dapat membersihkan racun dari dalam tubuh, karena air mata yang keluar disebabkan faktor emosional, seperti kesedihan memiliki kandungan zat yang lebih beracun daripada air mata yang disebabkan iritasi.

 

(Baca juga: Cewek Lebih Boros Ketika Patah Hati)

 

Hari kedua: Buat breakup journal

Menulis adalah salah satu obat paling ampuh untuk menyembuhkan patah hati. Di hari kedua, mulailah membuat sebuah jurnal patah hati, tuliskan semua perasaan kita sampai kita merasa lebih baik. Bisa jadi kita akan merasa membaik di hari ke-8 atau bisa juga di hari ke-108, kapanpun itu cobalah untuk tetap menulis setiap hari, sampai kita merasa tak lagi perlu menuliskan apapun.

 

Enggak ada yang akan membaca jurnal ini kok, jadi kita bisa menuliskan semua perasaan kita dengan sangat bebas. Tulis apa yang kita rasakan di hari itu, bagaimana bedanya dengan hari kemarin, perasan seperti apa yang kita harapkan di hari esok, dan berbagai hal lain yang ingin dituangkan ke dalam jurnal.

 

(Baca juga: Patah Hati bisa Sebabkan Serangan Jantung)

 


 

Hari ketiga: Buat daftar

Saat ini, otak kita biasanya akan mulai mengingat setiap kenangan satu per satu, baik itu kenangan yang menyenangkan atau kenangan buruk. Coba ingat kembali, kapan pertama kali si dia melakukan kesalahan dan membuat kita marah, lalu tuliskan. Selanjutnya, ingat  kembali satu per satu setiap kesalahan yang pernah dilakukannya dan tuliskan semua dalam daftar.

 

Tulis semua kebiasaan buruknya yang menurut kita mengganggu. Intinya pikirkan dengan serius semua kesalahan dan kelakuannya yang menurut kita menyebalkan, sampai setidaknya kita bisa membuat daftar minimal satu halaman. Setelah itu, tempelkan di satu tempat dan bacalah setiap hari ketika bangun tidur dan aakan tidur, terutama ketika kita sangat ingin menghubungi dia lagi.

 

(Baca juga: Reaksi yang Enggak Normal Kita Alami Ketika Patah Hati)

 

Hari keempat: Temukan hobi baru

Temukan hal baru yang menyenangkan yang bisa mengalihkan pikiran kita. Misalnya saja yoga, olahtubuh ini mampu membuat pikiran kita lebih tenang. Tapi, enggak harus itu kok. Kita bisa memilih sesuka hati, entah itu belajar bahasa asing, belajar make up, atau berkebun.

 

Hobi baru ini nantinya akan memberi kita kesibukan, hingga tidak sempat lagi untuk mengingat mantan kekasih. Jadi, hobi baru ini memang seutuhnya untuk kesenangan diri kita, setelah menikmatinya, rasakan deh betapa ajaibnya kesibukan bisa membuat kita merasa lebih baik.

 

(Baca juga: 7 Hari Sembuh dari Patah Hati Bagian 2)

 

(bestari/turi/chicmagz.com, foto: tumblr.com)

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN