6 Fakta Ilmiah Tentang Soul Mate

Published by : Muti Siahaan Posted on : Kamis, 11 Februari 2016

6 Fakta- Fakta Ilmiah tentang soul mate

Kalau ngomongin soal cinta kita enggak bisa lepas dari kata soul mate. Saking seringnya kata ini muncul, semua orang jadi percaya kalau soul mate itu penting banget dalam dunia percintaan. Karena ini juga banyak penelitian yang dilakukan berhubungan dengan soul mate. Ternyata apa yang kita yakini soal soul mate enggak selamanya benar. Ini dia 6 fakta seputar soul mate.

 

(Baca juga: Mungkinkah Jatuh Cinta Sama Seseorang via Chat Message?)

 

6 Fakta- Fakta Ilmiah tentang soul mate
Terlalu percaya soul mate malah bikin hubungan enggak langgeng

Terlalu percaya, hubungan enggak langgeng 

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr Raymond Knee dari University of Houston membandingkan hubungan antara pasangan yang percaya sama soulmate dan pasangan yang enggak. Pasangan yang percaya sama soulmate merasa mereka memang ditakdirkan bersama. Beda sama pasangan yang enggak percaya soulmate, mereka merasa sebuah hubungan bisa bertahan karena keduanya memang mencoba mempertahankan.

 

Ketika kita percaya sama konsep soulmate, kita bakal mencari pasangan yang memang cocok sama kita. Kita percaya sebuah hubungan bisa tetap berjalan karena kita memang ditakdirkan untuk bersama, atau sebaliknya, berakhir karena kita memang tidak ditakdirkan untuk bersama. Karena kita percaya sama hal itu, kita cuma merasa bahagia menjalani hubungan di awal, ketika masih merasa cocok satu sama lain. Saat masalah mulai bermunculan dan sering berantem. Terlalu percaya pada soulmate membuat kita cenderung menyerah di tengah hubungan ketika kita merasa hubungan enggak sempurna.

 

Percaya soul mate membuat orang cepat enggak puas

Penelitian yang dilakukan oleh Spike WS dari Universiy of Toronto melihat, orang-orang yang percaya pada soul mate malah punya konsep yang salah dalam melihat hubungan mereka, terutama dalam hubungan jangka panjang. Ketika konflik terjadi mereka jadi sangat kecewa dan menganggap pasangannya itu bukan soul mate mereka. Mereka yang percaya konsep soul mate, selalu melihat konflik sebagai hal yang buruk. Padahal sesekali berantem itu enggak masalah, lho.

 

(Baca juga: 3 Shio Paling Beruntung dan Kurang Beruntung Soal Cinta di Tahun Monyet Api)

 

6 Fakta- Fakta Ilmiah tentang soul mate
Enggak masalah lho berantem dengan pacar

 

Berantem tapi tetap bahagia

Sue Johnson, seorang psikolog dari Ottawa menunjukan hasil scan otak seorang cewek yang udah pacaran sejak lama. Walau mereka sering berantem tapi pasangan yang bahagia, hasil scan otaknya menunjukan tingkat stress yang rendah. Jadi menurutnya, kita enggak perlu punya pasangan yang benar-benar sempurna dan cocok dalam segala hal.

 

Kunci pacaran adalah terbuka

Sue juga bilang enggak terlalu penting mencari soul mate yang penting adalah saling keterbukaan termasuk pada hal-hal yang membuat kita rapuh. Walau berkata jujur sering membuat kita jadi enggak pede dan rapuh tapi ini dalam jangka panjangnya membuat hubungan jadi langgeng.

 

(Baca juga: 4 Gangguan kesehatan akibat jatuh cinta)

 

Soul mate itu banyak dibentuk oleh film-film Hollywood

Salah satu konseling  psikolog, Gary Direnfeld mengatakan bahwa konsep soul mate sangat dibentuk oleh film-film Hollywod. “Ini adalah ide cinta ala Hollywod yang sangat enggak realistik.”  Menurutnya, kita perlu untuk melakukan dating beberapa kali mencapai saling pengertian satu sama lain. Dan dari situ kita akan semakin baik mengenal karakter pasangan kita. 

 

6 Fakta- Fakta Ilmiah tentang soul mate
Ciptakanlah kejaiban cinta kita

 

Keajaiban cinta terjadi ketika kita saling mendengarkan

Menurut Sue Johnson dari pada pusing memikirkan soul mate, kita bisa menciptakan keajaiban cinta kita sendiri.  “Saat setiap pasangan dengan sabar mendengarkan dan mencoba mengerti dari sudut pandang pasangan, secara perlahan akan muncul saling pengertian dan ini yang membuat cinta mereka jadi panjang umur. Dan saat itulah keajaiban cinta terjadi.”

 

(Baca juga: Hormon Yang Berpengaruh Saat Kita Jatuh Cinta)

author :

Muti Siahaan

Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN