5 Tanda Abusive Relationship

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 18 Desember 2013

5 Tanda Abusive Relationship

Abusive relationship enggak selamanya mudah dideteksi. Yuk, kenali tanda-tandanya!

 

Menurut data dari Do Something Organization, 25% remaja usia sekolah pernah terjebak dalam abusive relationship, lho. Dan, setengah dari jumlah ini memiliki kecenderungan untuk bunuh diri. 

 

Masalahnya selama ini batas kekerasan tersebut jadi kabur karena kita sering denial. Kita umumnya melabeli tindakan pacar sebagai bagian dari rasa sayang, padahal kalau dipikir-pikir dia sebenarnya sudah melakukan kekerasandan hubungan kita udah enggak sehat. Yuk, kenali tanda-tanda abusive relationship ini biar kita tahu seperti apa hubungan yang kita jalani. 

 

Controlling

Tanda-tandanya: selalu ingin tahu ke mana kita pergi atau apa yang kita lakukan, cemburu berlebihan, memaksa ikut apa yang dia lakukan atau mengancam akan memutuskan kalau enggak mau, mengatur cara berpakaian, memastikan kita enggak akan mendapatkan apa yang kita mau dan yang kita dapatkan hanyalah apa yang dia mau, harus tahu semua password akun media sosial kita dan mengatur aktivitas kita di sana, bahkan ada yang sampai mengatur keuangan juga.

 

Isolation

Tanda-tandanya: membuat kita kehilangan kehidupan sosial karena semua yang kita lakukan terpusat kepadanya, menjauhkan kita dari teman-teman, lebih sering main dengan teman-teman dia, enggak mengizinkan kita pergi tanpa dia, bahkan ada yang membatasi hubungan kita dengan keluarga.

 

Crazy-making

Tanda-tandanya: menyalahkan orang lain atas kesalahannya, menuduh kita yang terlalu sensitif, perubahan mood yang sangat drastis, suka memutarbalikkan omongan kita dan menjadikannya senjata untuk melawan kita. Biasanya, apa pun yang kita lakukan akan selalu salah di mata abuser ini.

 

Emotional

Tanda-tandanya: enggak menghargai kita, menyakiti benda atau hewan kesayangan kita, enggak pernah mendengarkan omongan kita, bahkan enggak memberi kesempatan untuk bicara, mempermalukan kita di depan umum atau waktu berdua aja, mengucapkan hal yang membuat kita memberi nilai negatif pada diri sendiri, memanggil dengan panggilan kasar dan bermakna negatif, seperti bodoh, tolol, atau jelek.

 

Physical

Paling mudah dideteksi, seperti memukul, menampar, melukai, mendorong sampai jatuh, sampai memaksa untuk berhubungan seksual.

 

Setelah tahu cirri-cirinya, mari kita bebaskan diri dari abusive relationship ini dengan lima tips berikut.

 

(iif, foto: earthtimes.org)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN