4 Bagian Otak Yang Mempengaruhi Proses Jatuh Cinta

Published by : Ifnur Hikmah Posted on : Rabu, 3 Februari 2016

4 bagian otak yang mempengaruhi proses jatuh cinta

Ternyata, cinta enggak melulu soal hati. Soalnya, cinta dipengaruhi oleh otak, girls. seperti halnya emosi atau kemampuan berbahasa, semuanya dipengaruhi oleh beberapa bagian otak. Secara sederhana, cinta yang kita rasakan mendorong otak sehingga akhirnya otak membentuk sebuah kebiasaan. Yuk kita cari tahu empat bagian otak yang mempengaruhi proses jatuh cinta ini.

 

(Baca juga: 4 Cara Menemukan Cinta Sejati Menurut Ahli Matematika)

 

Insula

Salah satu bagian otak yang berpengaruh di dalam proses jatuh cinta adalah Insula. Insula ini bertanggungjawab dalam melacak perkembangan dari nafsu semata menjadi keinginan untuk mencintai. Insula merupakan sebuah bagian di dalam Cerebral Cortex yang terletak di sebuah area di antara temporal lobe dan frontal lobe.

 

4 Bagian Otak Yang Mempengaruhi Proses Jatuh Cinta
4 Bagian Otak Yang Mempengaruhi Proses Jatuh Cinta

 

Striatum

Apakah yang kita rasakan termasuk cinta atau hanya nafsu belaka, ternyata hal ini dipengaruhi oleh bagian otak bernama striatum, yang terletak di dalam otak depan. Area yang mempengaruhi nafsu saja biasanya diaktifkan oleh perasaan puas yang sifatnya sementara, sedangkan cinta, area tersebut dipengaruhi oleh perasaan menerima dan puas yang sifatnya lebih lama.

 

(Baca juga: 5 Pelajaran Cinta Yang Enggak Selamanya Menyenangkan Dari Film Romantis Hollywood)

 

Caudate Nucleus

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Helen Fisher, cinta juga dipengaruhi oleh bagian otak bernama Caudate Nucleus. Area tersebut juga berhubungan dengan meningkatnya hormone dopamine dan norepineh]phrine. semua hal ini berhubungan dengan perasaan senang dan bersemangat. karena itu, beliau berpendapat, enggak heran jika seseorang yang sedang jatuh cinta bisa membicarakan tentang gebetannya sepanjang hari dan malam, menulis puisi cinta, atau melakukan hal yang bahkan tidak masuk akal demi orang yang dicintainya ini.

 

4 bagian otak yang mempengaruhi proses jatuh cinta
sumber foto: weheartit.com

 

Reward System

Masih menurut Helen Fisher, bagian lain yang berpengaruh adalah Reward System. Bagian ini juga akan sangat aktif seperti halnya ketika kita memakan cokelat, dan berpengaruh besar dalam proses jatuh cinta. Bagian ini juga yang membuat kenapa cinta itu bisa bersifat adiktif alias bikin candu.

 

(Baca juga: 5 Keanehan Tubuh Akibat Jatuh Cinta)

 

(Foto: vlyodhart.wordpress.com, weheartit.com, tumblr.com)

author :

Ifnur Hikmah

Writing. Reading. Eating. And Fangirling. Reporter di KaWanku sejak 2013. Pernah interview Charli XCX dan telepon-teleponan dengan Troye Sivan. Paling senang ketika ketemu dan interview GOT7, terutama JB dan berharap bisa ngobrol sama SHINee

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN