Yuk, Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Published by : Marti Posted on : Kamis, 9 Januari 2014

Yuk, Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Pengin ganti smartphone tapi bingung mau beli yang mana? Hal ini sering banget kita alami, girls. Apalagi sekarang banyak tersedia smartphone dengan keunggulan enggak terbatas, sehingga membuat kita bertambah bingung.

 

Ada dua hal yang harus kita perhatikan ketika membeli gadget, termasuk handphone. Yaitu, budget dan kebutuhan. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli suatu smartphone, kita bisa mendata apa aja, sih, yang kita butuhkan dalam sebuah smartphone? Dengan mengetahui sejauh mana kebutuhan tersebut, kita bisa memilih gadget yang pas. Sebagai gambaran, yuk kenali lebih jauh tentang iOS, Android, dan Windows Phone. Jadi bisa lebih paham tentang kebutuhan kita.

 

iOS

iOS hanya tersedia untuk produk Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod. Tapi, iOS ini jadi juara dalam hal aplikasi. Ada lebih dari 500.000 aplikasi tersedia di iOS, girls. Menurut berita terbaru yang dikeluarkan Apple, mereka baru saja mengeluarkan iOS 7 yang mampu mencapai 64 bit. Hal ini tentu saja mendatangkan banyak keuntungan buat kita. Total 64 bit ini memungkinkan lebih banyak RAM dan membuat video jadi lebih cepat.

 

Secara visual, iOS mengalami banyak perubahan sejak pertama kali muncul. Dan, jadi lebih mudah digunakan karena tampilannya yang rapi, seperti warna warni, detail, dan terlihat lebih bersih. Meski layar dipenuhi oleh notifikasi, kita masih tetap bisa melihat home screen.

 

Untuk feature-nya sendiri, iOS menggunakan search engine Yahoo, Google, dan Bing. Karena tampilannya yang rapi, semua notifikasi terletak di halaman depan aja, girls. Tampilan menu juga memungkinkan kita untuk multitasking. Untuk yang suka musik, iOS menyediakan iTunes Radio. Dan, iOS cocok banget untuk yang suka fotografi. Soalnya, ada banyak aplikasi foto yang bisa kita gunakan. Serta bisa langsung dibagi kepada orang lain dengan sangat mudah.

 

Android

Kalau iOS hanya tersedia untuk 8 devices, Android bisa ditemukan di ratusan devices. Harganya pun enggak semahal iOS tapi fungsinya kurang lebih hampir sama. Tapi, aplikasinya enggak sebanyak iOS, yaitu sekitar 380.000 aplikasi dan masih akan terus bertambah. Karena berada di bawah Google, jadi search engine yang digunakan di Android adalah Google.

 

Saat ini, Google sedang meningkatkan daya kerja Android sehingga nantinya akan lebih cepat lagi, girls. Saat ini, kapasitas Android mencapai 512MB RAM. Android terbaru, KitKat, memberikan lebih banyak kemudahan bagi kita dibanding Android sebelumnya, meski perbedaannya enggak terlalu jauh. Tampilannya jadi lebih rapi dan spesifik sehingga lebih nyaman saat digunakan.

 

Dengan Android KitKat ini, beberapa aplikasi digabung menjadi satu, seperti fitur SMS yang digabungkan ke dalam Hangout sehingga mendukung penggunaan gambar dalam bentuk GIF. Google juga menyediakan Chromium WebView yang semakin memudahkan kita saat browsing. Jadi, buat yang enggak bisa lepas dari informasi dan suka banget browsing akan cocok dengan Android, girls.

 

Windows Phone

Di banding iOS dan Android, Window Phone masih terhitung baru. Sampai saat ini, Windows Phone hanya tersedia dalam 20 devices dengan total aplikasi sekitar 43.000. Windows Phone berada di bawah Microsoft sehingga menggunakan search engine Bing. Tapi, Windows Phone juga memungkinkan kita untuk multitasking, girls.

 

Windows Phone terbaru, yaitu Windows Phone 8, memiliki banyak keuntungan, terutama bagi kita yang mobile. Soalnya, ada aplikasi yang mampu menyembunyikan semua notifikasi kecuali SMS dan telepon saat sedang berkendara, yaitu driving mode. Kelebihan lainnya yaitu kemudahan dalam berbagi data dari Windows 8.1 melalui Bluetooth ke smartphone kita. Dan, pengaturan aplikasinya juga rapi sehingga tampilannya jadi bagus. Karena masih baru, Windows Phone masih melakukan banyak banget perubahan demi perkembangan yang lebih maksimal lagu nantinya.

 

Jadi, gimana, girls? Enggak bingung lagi, kan, waktu memilih ingin beli yang mana?

 

(iif. foto: abc.net.au)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN