Yuk Makan Kacang-kacangan!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 28 Februari 2013

Yuk Makan Kacang-kacangan!

Kacangan-kacangan khususnya yang berjenis polong  kaya kacang polong, kacang merah, buncis, dan lentil ataupun kedelai dan kacang tanah adalah makanan yang sangat menyehatkan. Jadi buat yang enggak terlalu suka buah atau sayur, bisa menjadikan kacang berjenis polong ini sebagai pengganti. Soalnya kaya serat dan bisa jadi antioksidan yang baik bagi tubuh.

 

Antioksidan

Kacang-kacangan, khususnya kedelai, mengandung isoflavon, yang bagus buat memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses pertumbuhan dalam tubuh.

 

Mengatur kadar gula darah

Kacang-kacangan ini bisa memberikan tubuh kita kebutuhan akan mangan, mineral yang berperan dalam metabolism lemak dan karbohidrat, penyerapan kalsium dan pastinya pengaturan kadar gula darah. Jadi bisa mencegah terjadinya diabetes.

 

Meningkatkan kekuatan memori otak

Kandungan vitamin B3 dan niasin konten sangat bermanfaat untuk kesehatan dan fungsi otak, termasuk memerkuat memori kita.

 

Mencegah kanker

Mengandung Fitosterol yang melindungi tubuh dari  kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor. Juga ada beberapa jenis kacang-kacanngan yang mengandung isoflavon sebagai agen antikanker. Baik untuk mencegah kanker rahim dan payudara.

 

Menurunkan berat badan dan memperlancar pencernaan

Karena punya kandungan serat yang sangat tinggi, kacang-kacangan ini baik banget buat memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu serat yang mudah larut ini juga ikut mengatur kadar lemak jahat dalam tubuh. Lalu kandungan protein dan karbohirat yang ada di dalamnya membantu tubuh agar enggak mudah lapar dan pastinya enggak menimbun lemak.

 

(aisha, foto: acara-event.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN