Yuk Kita Melamun!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 16 Mei 2013

Yuk Kita Melamun!

Sering enggak saat kita lagi mencuci piring, menyapu rumah, bersepeda atau mandi tiba-tiba kita melamun? Kalau ya, itu berarti kita punya kemampuan otak yang baik.

 

Melamun enggak selamanya berdampak buruk. Melamun juga berdampak baik, apalagi kalau dilakukan saat kita lagi mengerjakan hal-hal ringan dan rutin. Ketika kita melamun, otak kita bagian working memory 'berolahraga'. Working memory adalah bagian dalam otak yang bertugas menyimpan dan mengatur banyak pikiran kita. Semakin banyak dan sering working memory bekerja, semakin banyak lamunan yang kita lakukan dan itu baik karena:

 

Meningkatkan kemampuan mengingat

Penelitian yang dilakukan terhadap beberapa orang di Universitas Wisconsin mengungkapkan bahwa  orang yang suka melamun punya nilai tes memori yang lebih tinggi daripada yang jarang melamun.


Lebih fokus

Orang yang melamun saat tengah melakukan pekerjaan rutin punya kemampuan working memory yang tinggi dibanding yang tidak suka melamun. Dan orang-orang itu justru lebih bisa untuk tetap fokus ketika melakukan pekerjaan yang butuh konsentrasi tinggi.


Lebih kreatif

Penelitian yang dilakukan Daniel Levinson dari University of Wisconsin-Madison's Center for Investigating Healthy Minds mengatakan bahwa orang-orang dengan intelegensia tinggi punya level working memory yang baik. Melamun bisa meningkatkan level working memory.Saat melamun, kita jadi makin pintar karena ide-ide kreatif dan berdaya cipta biasanya muncul.

 

 

(dea, foto: huffingtonpost.com)

 

Tags : life

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN