Yuk Hindari Diabetes

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 18 April 2013

Yuk Hindari Diabetes

Nick Jonas, anggota termuda dari The Jonas Brothers, mengalami perubahan drastis dalam tubuhnya. Dia sering banget mengeluh lapar dan minum air sampai 36 botol per hari. Yang lebih parah lagi, berat badannya turun sampai lebih dari 6 kg dalam 2 minggu. Kalau dia buka baju yang kelihatan cuma tulang saja.

 

Nick didiagnosis diabetes tipe 1. Ia menghabiskan 3 hari di rumah sakit untuk belajar mengatasi diabetes, termasuk belajar menyuntik dirinya sendiri dengan insulin setiap hari. Aduh, pasti sakit, ya.

 

"Aku stres banget waktu itu, apalagi aku enggak tahu apa itu diabetes tipe 1. Aku bertanya, 'kenapa harus aku?'. Tapi aku juga nanya, 'kenapa bukan aku?' dan menyadari aku bisa menolong anak-anak lain yang terkena diabetes juga."

 

Sekarang Nick sudah mulai terbiasa untuk menyuntik insulin sendiri, melakukan diet (walaupun dia masih suka dengan cokelat dan fast food), dan berolahraga dengan teratur. Kita juga bisa menghindari penyakit ini dengan,

 

Makan dengan bijak

Maksudnya kita harus makan dengan porsi yang secukupnya saja. Jangan tergoda untuk ngemil di sela-sela waktu makan, karena snack yang enggak sehat bisa menyebabkan obesitas.

 

Kurangi dessert

Lewatkan saat dessert karena biasanya waktu dessert itu lah kita mencoba makan-makanan manis yang mengandung bayak gula.

 

Pilih yang sehat

Hindari penggunaan minyak dan mentega yang terlalu banyak pada makanan. Kalau makan di restoran cepat saji, pilih makanan yang sehat, seperti salad, buah-buahan, atau grilled chicken

 

Air putih

Minum banyak air putih sebelum makan juga bisa mengurangi nafsu makan kita

 

Rajin olahraga

Mulai saja dari yang paling sederhana, seperti jalan kaki tiap pagi atau berenang.

 

(naomi, foto: mirror.co.uk)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN