Yuk, Bikin Book Club

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 29 April 2013

Yuk, Bikin Book Club

Book club! Selain bisa ngumpul sambil ngobrol, kita bisa share pendapat soal buku yang kita baca bareng-bareng. Book club juga bisa bikin kita lebih semangat baca buku, lho. Dan mendukung budaya baca buku, biar enggak makin banyak toko buku kegendaris yang gulung tikar. Happy reading!

 

Kumpulkan teman

Untuk memulai sebuah book club, tentunya kita butuh beberapa teman. Enggak usah terlalu banyak, mulai dengan tiga sampai sepuluh orang. Biasanya kalau anggotanya teman yang udah lama kita kenal bakalan lebih gampang. Tapi boleh juga ngajak beberapa teman dari Facebook atau Twitter yang punya minat baca dan genre tulisan yang sama. Asalkan, teman-teman baru kita ini bisa diajak ketemuan.

 

Tentukan jadwal

Setelah terbentuk, kita tentukan jam ketemuan. Misalnya dua minggu satu kali setiap hari Minggu sore. Kita bisa mencari tempat seru buat ketemuannya, misalnya kafe baru yang belum pernah kita coba. So, sambil sharing kita juga bisa wisata kuliner, he he.

 

Bikin aturan

Walaupun book club ini sifatnya enggak mengikat dan enggak memaksa, kita harus punya aturan. Kita bisa bikin aturan soal gimana memilih buku yang mau dibaca, siapa yang menjadi host, dan gimana tata cara sharing yang sesuai sama kita. Peraturan ini penting, lho!

 

Pilih bukunya

Untuk memilih bukunya, kita bisa diskusi atau vote di antara anggota. Mulai dari buku yang ringan dan enggak terlalu tebal dan dari situ beralih ke buku yang agak menantang. Siapin juga pertanyaan-pertanyaan yang muncul waktu kita membaca bukunya di rumah. Jadi, waktu ketemuan kita punya banyak bahan obrolan sama anggota yang lain.

 

Share

Dokumentasikan setiap pertemuan dan upload di Facebook atau Twitter! Selain bikin kita tambah semangat datang, lewat postingan itu kita bisa bikin teman yang lain tertarik. Karena dipublikasikan, jangan lupa untuk dress-up ala seleb tiap pertemuan. It's a really fun way to spend time with friends!

 

(astri, foto: sheffieldguides.org.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN