Waspada Toxic Shock Syndrome Akibat Malas Ganti Pembalut Saat Menstruasi

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 13 September 2014

Waspada Toxic Shock Syndrome Akibat Malas Ganti Pembalut Saat Menstruasi

Yakin masih merasa malas mengganti pembalut saat menstruasi? Coba baca waspada toxic shock syndrome akibat malas ganti pembalut saat menstruasi. Sindrom ini merupakan infeksi bakteri yang bisa mengakibatkan kematian dan disebabkan malas ganti pembalut saat menstruasi. Apa saja yang wajib kita ketahui soal sindrom ini ya? Baca yuk waspada toxic shock syndrome akibat malas ganti pembalut saat menstruasi.

 

TSS Adalah

Penyakit ini biasanya terjadi karena masuknya bakteri kedalam kulit kita. Misalnya karena luka bakar, bedah dan penggunaan pembalut atau tampon terlalu lama. Penyakit ini memang jarang ditemukan, tapi bukan berarti kita enggak boleh lengah. Walau awalnya, peneliti hanya menemukan penyakit ini pada pengguna tampon, tapi menurut riset terakhir penyakit ini juga menyerang pemakai pembalut saat haid.

 

Baca juga: Bahaya Yang Harus Kita Tahu Kalau Malas Ganti Pembalut Saat Menstruasi


Penyebab TSS Karena Pembalut

TTS atau toxic shock syndrome biasanya diderita pemakai tampon. Tapi, seiring perkembangan jaman ternyata juga ditemukan sama cewek yang pakai pembalut. Infeksi ini terjadi karena kulit lembab dan iritasi lalu terjadi luka terbuka. Saat luka terbuka bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus pyogenes masuk ke area luka. Pada saat inilah bakteri menyerang dan masuk ke dalam luka kita sehingga menimbulkan infeksi serius.

 

Tampon VS Pembalut

Dalam penelitian mengakui adanya hubungan TSS dengan tampon yang digunakan. Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh CDC penggunaan tampon dengan kadar serap tinggi bisa meningkatkan resiko TSS. Makanya, standarisasi perusahaan membuat tampon kini sudah tidak lagi menggunakan beberapa bahan yang bisa memicu penyakit ini.

 

Baca juga: Tips Supaya Area Miss V Enggak Berbau Dan Mudah Tembus Saat Menstruasi

 

Sedangkan Pembalut, memang awalnya tidak ditemukan kasus TSS. Tapi penelitian terakhir membuktikan adanya hubungan pembalut dengan penyakit TSS. Penyakit ini bisa terjadi oleh cewek yang malas mengganti pembalut saat penuh atau setiap 3 jam sehari.

 

Ciri-Ciri

Penyakit TSS dianggap fatal, karena bisa berujung kematian yang diakibatkan infeksi serius bakteri TSS. Ciri-ciri umum yang bisa dilihat seperti demam tinggi, nyeri otot dan lesu, diare, muntah, pusing sampai pingsan, luka dan ruam di area miss V, nyeri tenggorokan dan mata memerah.

 

Baca juga: Tips Menghilangkan Noda Menstruasi Pada Pakaian Kita Dengan Mudah Dan Cepat

 

 

(stefanie, foto: wifflegif.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN