Waspada Binge Eating Disorder

Published by : Marti Posted on : Selasa, 22 April 2014

Waspada Binge Eating Disorder

Apa kita sering merasa pengin makan padahal enggak lapar, susah mengontrol nafsu makan, hobi ngemil atau senang jajan di luar? Hati-hati karena kita bisa menderita eating disorder, over eating!


Binge Eating

Binge eating disorder atau over eating adalah eating disorder yang bikin penderitanya terlalu banyak makan. Biasanya penderita ini enggak bisa mengontrol kemauan makan tanpa sadar, cepat merasa lapar padahal baru saja makan, sulit berhenti ngemil saat waktu luang. Penyakit ini sama berbahayanya dari ganguan makan lain seperti bulimia dan anoreksia. Kalau kita terus menerus enggak merubah pola makan lebih baik berat badan kita akan melebihi batas normal!

 

Cerita Penderita Binge Eating

"Keluargaku selalu pengin tubuhku gendut sejak kecil. Aku dipaksa minum banyak suplemen dan susu supaya terlihat sehat di mata mereka. Padahal, aku bukan tipe cewek yang gampang gendut. Aku kurus, tapi nafsu makanku banyak. Dari situ aku mulai hobi makan dan ngemil karena takut kalau enggak kelihatan makan, orangtuaku marah. Aku bisa menghabiskan 2 piring makanan, melanjutkannya makan kue, kemudian ngemil saat nonton tv dengan keluargaku. Di sekolah, aku susah mengontrol nafsu buat jajan. Aku sering bekal jajanan dari kantin dan aku taruh di bawah meja. Aku suka curi-curi makan saat pelajaran, dan aku enggak merasa bersalah sama sekali. Bahkan aku merasa senang!. Di cermin aku melihat tubuhku normal, tapi setiap membeli pakaian baru aku susah mencari nomor yang bisa kupakai. Sampai akhirnya, aku sadar aku menderita binge eating saat membaca artikel di internet," cerita Laura dalam website something-fishy.


Bahaya Binge Eating

Binge eating sangat berbahaya bagi siapapun apalagi dalam urusan kesehatan. Ketika seseorang menyadari dirinya menderita binge eating, biasanya dia sudah dalam keadaan overweight. Penderita akan kesulitan menurunkan berat badan, karena terbiasa makan walau dalam keadaan enggak lapar. Overweight sangat beresiko bagi tubuh termasuk mengancam jiwa penderitanya. Kita bisa terkena penyakit serius kayak diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, sampai penyakit kejiwaan serius kayak anciety dan depresi.

 

Kalau kita merasa menderita penyakit ini, sebaiknya minta bantuan secepat mungkin. Lakukan terapi atau ikut kelompok yang mendukung eating disorder agar bisa sembuh dan kembali menjadi normal.

 

 

(stefanie, foto: liesyoungwomenbelieve.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN