Waspada Bahaya Kebiasaan Binge-Watching Atau Kecanduan Menonton TV

Published by : Marti Posted on : Senin, 15 September 2014

Waspada Bahaya Kebiasaan Binge-Watching Atau Kecanduan Menonton TV

Girls, coba kenali waspada kebiasaan binge-watching atau kecanduan menonton TV yang enggak baik buat kita. Penasaran kenapa kita harus waspada bahaya kebiasaan binge-watching? Baca yuk, waspada kebiasaan binge-watching.

 

Malas

Bukan rahasia lagi, binge-watching bikin kita malas beraktivitas. Berdasarkan Journal of the American Heart Association, binge-watching bilang saat seseorang aktif makan saat menonton bisa meningkatkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan umur.

 

Baca juga: Waspada Binge Eating Disorder

 

Memperburuk Mood

Saat kita menonton TV, kita akan merasa tenang dan santai. Walau saat menonton film yang sangat seru dan penuh adrenalin, otak kita enggak memaksakan diri buat berpikir. Menonton TV bikin otak kita tertukar dari kiri ke kanan. Yang nantinya melepas hormon endorphin untuk melepaskan rasa relax. Saat kita selesai menonton, otak kita kembali normal makanya kita leboh fokus mengerjakan sesuatu dibanding saat melakukannya bersama dengan menonton TV. Masalah binge-watching enggak hanya bermasalah pada kebiasaan makan saja, tapi juga kecanduan menonton bikin kita mudah bad mood.

 

Memperburuk Masalah

Kalau kita merasa stress atau sedih saat patah hati, kita pasti melakukan pelarian salah satunya makan ice cream sambil menonton TV. Ternyata, menonton TV enggak baik kalau kita lakukan saat punya masalah. Menonton TV hanya akan memperlambat fungsi otak kita berpikir mencari solusi dan mempengaruhi masalah yang serius. Apalagi kalori yang kita makan saat itu lebih enggak terkontrol, karena kita enggak akan sadar seberapa banyak makanan yang kita konsumsi saat itu.

 

Baca juga: Kenali Fakta Ilmiah Bahaya Terlalu Sering Menonton TV

 

Malas Mandi

Tiap kali kita kecanduan menonton sesuatu, akibatnya kita suka malas mandi atau membersihkan diri. Binge-watching seperti lubang hitam yang bikin kita merasa enggak kotor atau selalu dalam keadaan bersih, walaupun sebenarnya enggak. Sikap ini hanya dikarenakan kita malas meninggalkan TV atau bangun dari tempat kita menonton TV.

 

Bikin Tidur Lebih Lama

Berdasarkan penelitian, binge-watching bikin seseorang dua kali tidur lebih lama daripada orang normal lainnya. Kalau kita biasanya menonton maraton yang ujungnya harus begadang, pasti kita akan bangun lebih lama esok hari dan masih merasa capek. Binge-watching juga sering melupakan hal terpenting dalam hidup. Seperti pilih ngemil ketimbang makan sehat, lupa tidur dan enggak bersosialisasi.

 

Baca juga: Tips Mudah Tertidur Saat Insomnia Melanda

 

 

(stefanie, foto: mrwgifs.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN