Usia 17 Tahun Tetapi Belum Pernah Menstruasi, Normalkah?

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 21 Juli 2015

Usia 17 Tahun Tetapi Belum Pernah Menstruasi, Normalkah?

Menstruasi merupakan siklus alami yang dialami oleh setiap cewek dimulai dari usia remaja. Umumnya, menstruasi pertama kali datang pada usia antara 10 sampai 16 tahun. Tapi, sudah menginjak umur 17 tahun kok kita belum kunjung menstruasi, ya? Apakah itu normal?

 

Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik untuk Mencatat Jadwal Menstruasi

 

Enggak wajar

Ditulis dalam Kompas.com, Dr. Achmad Mediana, SpOG menjawab kalau remaja belum menstruasi pada usia 17 tahun itu memang udah enggak wajar. Tanda kesuburan secara umum bisa dilihat seperti payudara yang membesar, pinggul yang membesar, dan tumbuhnya rambut ketiak atau pubis.

 

Periksa kesehatan reproduksi

Kalau sampai usia 17 tahun belum pernah menstruasi maka, kita wajib memeriksakan kesehatan reproduksi. Kita dapat memeriksa kesehatan reproduksi bagian dalam dengan USG. Dari situ akan terlihat bagaimana keadaan rahim dan kedua indung telurnya. Kalau semuanya normal, maka kita tunggu saja kapan menstruasi itu akan datang.

 

Masalah hormon

Tetapi, kalau kita mencurigai sesuatu, seperti organ kandungan yang enggak atau kurang berkembang, mungkin kita punya masalah dengan hormon. Maka kita bisa periksa ke laboratorium hormonal ataupun cek kromosom.

 

Ada dua pengobatan

Ketika hasil pemeriksaan dokter telah keluar, ada dua langkah pengobatan yang bakal ditawarkan tergantung kondisi organ reproduksi kita. Mungkin kita memerlukan obat untuk terapi, tapi bisa juga lebih ke arah konseling.

 

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Menstruasi pada Remaja

 

(foto: refinery29.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN