Trik Jitu Atasi Stress dan Depresi

Published by : Marti Posted on : Selasa, 29 April 2014

Trik Jitu Atasi Stress dan Depresi

Tugas menumpuk, ujian sekolah, urusan percintaan, bahkan persahabatan. Enggak hanya kita, semua remaja umumnya pernah mengalami stress bahkan depresi. Depresi dapat mempengaruhi tubuh kita dan semangat kita beraktivitas. Semakin kita coba untuk keluar, kita semakin bingung harus melakukan apa terlebih dahulu. Buat yang merasa stress, depresi dan kesepian, enggak ada salahnya mencoba 5 cara ini.

 

Olahraga

Rajin berolahraga bisa membantu mengurangi tekanan dan depresi dalam diri. Cari kegiatan yang menurut kita nyaman dan sukai. Kita bisa memilihnya melalui minat dan hobi, misal jogging, dance, bersepeda atau yoga. Biasakan rutin melakukan olahraga selama 15 sampai 30 menit setiap hari atau sebelum tidur di malam hari. Dengan olahraga ini, kita bisa membantu melepaskan hormon yang menenangkan. Kita akan lebih mudah tidur dan merasa lebih baik.

 

Makanan Sehat

Nutrisi yang cukup dan baik bisa membantu kita menghilangkan depresi. Biasanya saat kita merasa depresi atau nge-down, nafsu makan kita berkurang. Makanya mood dan tubuh kita terasa enggak nyaman. Nutrisi dalam makanan sehat seperti sayur dan buah, bisa membantu otak kita tetap sehat. Makanya, mood dan energi kita akan berbeda saat kita makan yang cukup dengan gizi seimbang. Paksakan makan walau kita merasa malas, dan jauhi makanan jahat seperti junk food atau manis-manis.

 

Intropeksi

Saatnya berintropeksi diri. Cari tahu apa yang bikin kita depresi, apa yang kita rasakan saat itu, dan kenapa kita malas move on. Dengan mencari tahu jawabannya dalam hati, kita bisa bercermin dalam diri kita. Apakah depresi ini membawa efek buruk atau enggak. Kalau kita merasa susah mencari jawaban, mulailah curhat dengan sahabat. Kalau enggak merasa terbantu, coba share ke orangtua atau keluarga terdekat kita. Minta solusi dan bantuan spesialis kalau dibutuhkan.

 

Ekspresikan Diri

Saat kita merasa depresi, kreatifitas dan sense of fun kita seperti hilang. Coba latih kembali dengan terapi seni. Misal melukis, menggambar, menjahit, menulis, atau membuat lagu. Kita akan terkagum-kagum saat mengetahui efek terapi ini. Selain itu, kita bisa mengasah bakat dan menghasilkan seni yang keren dan enggak terbayangkan sebelumnya.

 

Positif

Berusaha tetap positif saat berpikir dan melihat hal apapun di dunia. Dengan berusaha positif, kita akan jauh dari pikiran buruk. Dengan begitu kita bisa lebih terbuka dan sabar saat menghadapi masalah. Dekatkan diri secara spiritual dan rajin meditasi supaya hati dan pikiran jadi lebih seimbang.

 

 

(stefanie, foto: southeastpsych.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN