Tradisi Ulang Tahun di Berbagai Negara (2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 14 Mei 2013

Tradisi Ulang Tahun di Berbagai Negara (2)

Hari ulang tahun, hari saat kita jadi orang paling spesial sepanjang hari. Biarpun spesialnya sama, tiap negara punya cara masing-masing buat bikin hari kelahiran mereka jadi lebih spesial.

 

Spanyol

Saat menginjak usia ke-15, cewek-cewek Spanyol bakal mendapatkan perayaan khusus yang unik. Namanya The Quinceañera. Perayaan ini adalah simbol yang menyatakan si cewek udah memasuki fase hidup baru yang lebih dewasa. Enggak tanggung-tanggung, saat pesta, sang birthday girl bakal mengenakan gaun yang, asli, niat banget. Saking niatnya, jadi agak mirip sama gaun pengantin, hi hi hi... Berasa Cinderella satu hari, nih.


Vietnam

Entah cuek atau apa, tapi penduduk Vietnam enggak tahu hari ulang tahun mereka sendiri. Di sana, mereka cuma tahu kalau ultah dirayakan bareng pas malam tahun baru. Tapi memang tradisi mereka mengajarkan hari lahir itu enggak terlalu penting, dan enggak ada. Tapi apa enggak repot, ya? Masa satu negara kembaran semua tanggal lahirnya. Hi hi hi...

 

Italia

Emang jahil-jahil banget, nih, orang Italia, mereka punya kebiasaan menarik kuping orang-orang yang sedang berulang tahun. Enggak tanggung-tanggung, jumlah tarikannya disesuaikan persis dengan umur orang yang lagi ulang tahun. Kalau masih di bawah sepuluh tahun, sih, enggak terlalu masalah, ya, tapi kalau udah tua kasihan juga ya, sakit, tuh...

 

Mexico

Piñata itu properti wajib buat merayakan ultah di Mexico. Tanpa benda satu ini, acara dijamin bakal garing. Biasanya piñata dibuat dari bahan sejenis kertas yang dibentuk jadi aneka macam bentuk binatang. Nah, benda ini lalu digantung menjuntai ke bawah, biasanya dari pohon atau atap rumah. Yang bikin seru, di dalam piñata bakal diisi dengan hadiah. Terus kita diwajibkan untuk memukul keras-kerasa piñata tersebut sampai pecah. Asyik banget, nih, buat dicoba. Melampiaskan emosi, plus dapat hadiah.

 

Rusia

Enggak jauh beda sama kita di Indonesia, orang Rusia juga senang heboh-hebohan pas ulang tahun. Misal di sekolah, mereka bakal merayakan ulang tahun itu bersama-sama di kelas. Bahkan, gurunya juga ikutan kasih kado, lho. Bedanya sama kita, orang Rusia enggak akrab dengan birthday tart. Mereka sukanya birthday pie. Di atas birthday pie itu juga akan ditulis ucapan selamat. Biar irit kartu ucapan kali, ya, hi hi hi...

 

Afrika Selatan

Orangtua di Afrika Selatan akan memberikan kunci kepada anaknya di ulang tahun mereka yang ke-21. Kunci ini bukan kunci asli dan diberikan sebagai simbol yang menyatakan si anak udah dewasa dan siap menyambut masa depan. Kunci tersebut biasanya dibuat dari macam-macam bahan, bisa dari aluminium, kertas, perak, bahkan emas. Wah, kreatif banget ya idenya orang Afrika Selatan ini...

 

Mau tahu di negara lain gimana? Klik di sini.

 

(kiki, foto: bossip.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN