Tips Tetap Hemat Waktu Liburan Part 1

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 11 Juni 2013

Tips Tetap Hemat Waktu Liburan Part 1

Liburan bareng teman-teman bakal hemat kalau kita pintar mengelola keuangan selama di tempat wisata. Dari survey harga sampai makan enak sehari sekali bisa menyelamatkan uang rupiah di kantong kamu.

 

Survey harga

Setelah memutuskan tujuan liburan, cari tau harga transportasi umum, penginapan, uang, pernak-pernik khas daerah setempat, makanan, sampai wisata yang mau kita kunjungi. Banyak media yang bisa jadi sumber informasi ini, kok. Kita bisa masuk ke forum online buat para backpacker atau pun bertanya sama teman yang sudah pernah ke sana. Dengan melakukan survey terlebih dulu, kita jadi tau harus membawa uang seberapa banyak.

 

Rencanakan anggaran selama liburan

Kalau kita berniat liburan ke tempat yang jaraknya cukup jauh dari rumah, otomatis kita harus menabung dari jauh-jauh hari. Hitung kemungkinan pengeluaran yang bakal terjadi, kayak ongkos berangkat dan pulang, ongkos selama di tempat liburan, anggaran makan, laundry, uang buat beli oleh-oleh, biaya menginap di hostel sama biaya tak terduga.

 

Bawa uang secukupnya

Karena sudah membuat rencana anggaran selama liburan, kita enggak perlu membawa uang banyak-banyak. Bawa uang terlalu banyak malah membuat boros liburan kita. Padahal uang itu bisa kita pakai buat keperluan lain atau pun liburan selanjutnya bareng teman-teman.

 

Pisahkan uang buat tiap kegiatan

Ada baiknya uang yang bakal dipakai buat kegiatan selama liburan kita pisah-pisahkan. Hal ini dilakukan biar memudahkan kita sewaktu membayar. Pisahkan uang buat membayar hal-hal yang sudah direncanakan dalam anggaran selama liburan. Kita juga boleh memisahkannya dalam amplop-amplop kertas dan menamainya. 

 

Simpan uang di beberapa tempat        

Buat menghindari kerugian gara-gara musibah kayak ketinggalan dompet dan lupa bawa uang, simpan uang kita di beberapa tempat yang berbeda. Uang buat ongkos bisa kita taruh di saku celana, sementara yang lainnya kita simpan dalam dompet, tas, di sela-sela buku dan barang lain yang kita bawa.

 

(lana, foto: favim.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN