Tips Terjun Ke Dunia Film Indonesia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 11 September 2014

Tips Terjun Ke Dunia Film Indonesia

Dunia film memang selalu menarik perhatian banyak orang. Enggak sedikit juga orang yang ingin terlibat dalam produksi film, tapi di antara mereka bingung cara memulainya gimana. Mau masuk ke dunia film? Simak tips terjun ke dunia film Indonesia berikut ini!

 

(Baca juga: Tips Sukses Ikut Audisi)

 

Enggak ada tes masuk

Di Indonesia, enggak ada cara pasti buat bisa masuk ke dunia film. Enggak seperti bidang pekerjaan lain yang punya tes atau syarat pasti untuk terjun ke bidang tersebut, misalnya pekerjaan formal di perkantoran. Di dunia film nggak mengenal tes dan syarat semacam itu.

 

Kata Salman Aristo, kalau kita mau terjun ke dunia film, kita harus terjun ke dunia film. kita harus membangun jembatan menuju dunia film. Mau terjun ke dunia film? Coba tips dari Haqi Achmad, yang mengawali karir di dunia film dengan menjadi penulis skrip film Poconggg tentang membangun jembatan ke dunia film.

 

(Baca juga: Raditya Dika, Rahasia Sukses Jadi Sutradara)

 

Gaul
Bergaul dan mencoba dekat dengan insan perfilman itu penting. Makin banyak kita kenal orang, makin banyak pintu kesempatan yang bisa terbuka. Di negara ini juga, azas pertemanan masih sangat dijunjung tinggi.

 

Bikin film pendek

Film pendek, membuat kita terlatih. Makin sering bikin, kita akan semakin mengenal diri sendiri dan tahu ingin menjadi sineas yang seperti apa. Tapi ingat, jangan cuma diproduksi! Kita juga harus sadar untuk mendistribusikan dan mempublikasikan karya sendiri.

 

Film pendek kita harus terlihat, jangan cuma jadi konsumsi pribadi. Dengan social media yang makin marak, kita punya lebih banyak akses untuk menunjukkan film pendek yang kita bikin.

 

(Baca juga: Lets Be A Film Maker)

 

Ikut kompetisi
Banyak kompetisi bikin film yang bisa kita ikuti. Kemenangan di sebuah kompetisi dapat berbuah kesempatan manis. Kalaupun belum menang, dengan ikutan kompetisi kita bisa menantang diri sendiri untuk terus mengaktualisasi diri agar menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

 

Magang

Setiap produksi sebuah film, nggak sedikit sineas yang membuka kesempatan magang. Dengan magang, kita bisa dapat dua hal penting, ilmu dan link. Dua hal tersebut jelas sangat berarti buat kita yang punya mimpi sebagai sineas. Kapan lagi bisa belajar dari sineas senior?

 

Manfaatkan internet

Social medua jadi medium yang cocok buat kita bangun "jembatan". Di Twitter kita bisa ajak diskusi para film maker. Di blog, kita bisa menunjukkan kemampuan kita bercerita. Di YouTube, kira bisa memamerkan film bikinan kita.

 

Bikin kamu terlihat, buat orang lain tahu keberadaan dan kemampuan kalian! Ketika kita membangun jembatan menuju dunia film, pastikan jembatan itu dibangun sampai ujung, sampai selesai. Jangan pernah patah semangat!

 

(Baca juga: Cita-Citaku Jadi Atlet)

 

(ega/hai-online.com, foto: fanpop.com

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN