Tips Supaya Mudah Mendapat Kepercayaan Orangtua Kita Sendiri

Published by : Marti Posted on : Rabu, 20 Agustus 2014

Tips Supaya Mudah Mendapat Kepercayaan Orangtua Kita Sendiri

Merasa punya orangtua yang sering menyulitkan atau enggak pernah percaya dengan kita? Lihat beberapa tips keren supaya mudah mendapat kepercayaan orangtua kita sendiri. Biar tambah dekat dan mudah dipercaya sama orangtua kita saat melakukan sesuatu, coba yuk tips supaya mudah mendapat kepercayaan orangtua kita sendiri.

 

Jawab Dengan Tegas Dan Detail

Semua orangtua paling enggak suka sama jawaban dengan nada malas atau bertele-tele. Kalau kita pengin minta izin buat hangout dan mereka tanya jam berapa kita akan pulang, bisa menjawab seperti "Aku pasti pulang pas filmnya selesai, nanti aku kabari jam berapa aku dapat tiketnya," daripada "Umm, aku enggak tahu pulang jam berapa soalnya film ini antriannya panjang banget." Dengan bisa berkata tegas dan jujur tanpa bertele-tele, orangtua kita akan lebih menghargai dan enggak merasa dibohongi kalau ternyata jam pulang kita terlambat. Asal terus kasih kabar sesuai janji kita.

 

Baca juga: Tips Dan Cara Mudah Bersahabat Dengan Orangtua Kita Sendiri

 

Jangan Bohong

Kita menyukai cowok dan terpaksa backstreet karena takut enggak boleh pacaran. Sikap berbohong ini enggak hanya buruk kita lakukan, tapi bisa jadi masalah besar kalau ketahuan nanti. Kebohongan yang masih dianggap wajar kita lakukan hanya white lies yang berhubungan dengan sesuatu yang crusial atau sensitif.

 

Ingat Jam Malam

Semua remaja pasti suka banget hangout sampai larut malam, tapi kita kadang enggak berpikir resiko yang bisa terjadi saat kita melakukannya. Alasan kenapa orangtua kita melarang pulang terlalu malam, karena mereka khawatir terjadi sesuatu terhadap kita atau jadwal belajar kita di sekolah nanti bermasalah. Sebaiknya, kalau memang kita terpaksa terlambat karena masalah teknis seperti menunggu orangtua sahabat yang menjemput di mall atau mobil pacar mogok di jalan, beri kabar kepada mereka sedetail mungkin.

 

Baca juga: Tips Menghadapi Orangtua Yang Terlalu Mengontrol Atau Memaksa Permintaan

 

Punya Sahabat Yang Bermasalah

Sahabat yang bermasalah enggak hanya bisa merugikan kita lho, tapi juga bisa bikin orangtua kita selalu curiga padahal kita enggak melakukan kesalahan. Kalau kita punya sahabat yang bermasalah, tunjukan kalau pertemanan ini enggak mempengaruhi sikap dan prestasi kita di sekolah. Dekatkan mereka dengan sahabat kita. Dan mulai rajin-rajin curhat kalau terjadi masalah, supaya mereka merasa enggak terabaikan melindungi kita.

 

Menyetir Dengan Bijaksana

Saat kita diberi kendaraan seperti mobil atau motor sama orangtua kita, jangan pernah menganggap sepele dengan ugal-ugalan di jalan raya. Ingat kembali alasan mereka membeli mobil ini supaya kita mudah ke sekolah dan enggak cepat capek di jalan. Ajak atau tawarkan bantuan saat berpergian dengan mereka buat menyetir mobil supaya mereka bisa melihat sebaik apa kita menyetir.

 

Baca juga: Tips Menghadapi Orangtua Yang Selalu Salah Paham Dengan Diri Kita

 

 

(stefanie, foto: crushable.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN