Tips Supaya Enggak Salah Pilih Program Studi Untuk SNMPTN

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 13 Februari 2015

Tips Supaya Enggak Salah Pilih Program Studi Untuk SNMPTN

Girls, SNMPTN 2015 baru saja dibuka! Masih galau mau mengambil program studi apa? Nah, supaya kita enggak salah pilih dan enggak berujung penyesalan nantinya, ikuti tips memilih program studi yang tepat untuk SNMPTN, yuk!

 

Baca juga: Selain Ekonomi, Ini 5 Jurusan Kuliah Anak IPS Yang Menjamin Masa Depan

 

Adanya motivasi kuat

Pastinya, kita harus punya motivasi kuat buat kuliah. Coba kita tanyakan pada diri sendiri, apakah pilihan program studi kita itu murni berdasarkan minat dan bakat kita? Atau jangan-jangan kita memilih prodi itu karena ikutan teman-teman? Pastikan, motivasi buat memilih prodi itu murni karena kita memang menyukai bidang itu dan pengin bekerja di bidang itu.

 

Hal yang kita sukai

Di sini, kita bicara soal passion. Di bidang apakah kita senang melakukan sesuatu dan nyaman ketika melakukan hal itu. Pastinya enggak mau kan belajar di program studi yang enggak ktia sukai? Makanya, kita bisa mengetahui apa yang kita suka dari hal-hal berikut: kegiatan yang menarik perhatian kita, topik  yang menarik bagi kita saat nonton TV atau baca majalah, profesi impian kita, pelajaran favorit di sekolah dan sebagainya.

 

Bakat dan prestasi

Kita juga bisa menilai diri dari  prestasi di sekolah. Kita bisa menilai dari kemampuan diri enggak cuma dari sisi akademis tapi juga non akademis. Apakah kita termasuk pintar di mata pelajaran tertentu dan mampu mengerjakan tugas-tugas dengan baik? Atau, ktia senang melakukan aktivitas di luar kelas seperti jadi panitia pentas seni dan sebagainya.

 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Gampang Dapat Kerja

 

Nilai dan moral yang pengin kita junjung tinggi

Wuih... Udah mulai agak berat, nih, pembahasannya. Simple-nya, kita juga harus memikirkan nilai dan moral apa yang pengin kita junjung tinggi dengan belajar di bidang tersebut. Perguruan tinggi itu enggak sama kayak jaman-jaman sekolah. Di jenjang pendidikan ini kita bisa mengeksplorasi diri jadi lebih baik dan lebih aktif. Misal, kita pengin menegakkan hukum di Indonesia. Itu nilai yang mau kita junjung, makan prodi Ilmu Hukum bisa jadi pertimbangan untuk kuliah nanti.

 

Sesuaikan dengan realita

Ini dia yang paling sulit karena kita mesti mempertimbangkan realita juga di sini. Contoh, kita tertarik sama prodi itu tapi otak kita kurang mampu di bidang itu. Atau, kita punya kemampuan yang cukup di suatu bidang tapi merasa enggak tertarik dengan bidang itu. Kita juga bisa mempertimbangkan apakah dengan kemampuan, kepintaran dan minat buat menekuni bidang itu akan membawa kita pada jenjang karier dan finansial yang baik? Nah, satu-satunya cara mengurangi kegalauan ini adalah kita punya rancangan masa depan yang bisa jadi patokan keputusan kita.

 

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Bergaji Besar

 

(foto: wifflegif.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN