Tips Sukses Mengikuti Masa Orientasi Sekolah Atau Kuliah Tanpa Hambatan

Published by : Marti Posted on : Jumat, 29 Agustus 2014

Tips Sukses Mengikuti Masa Orientasi Sekolah Atau Kuliah Tanpa Hambatan

Yang lagi khawatir karena sedang atau akan mengikuti masa orientasi sekolah atau kuliah, simak yuk tips sukses mengikuti masa orientasi sekolah atau kuliah tanpa hambatan. Tiap kali kita masuk ke sekolah atau kampus, kita akan melewati masa orientasi siswa sebagai perkenalan kita ke dunia baru. Orientasi ini enggak perlu kita takuti, karena dengan melewatinya kita bisa lebih akrab, punya teman baru dan mudah menyesuaikan diri saat belajar nanti. Biar enggak khawatir lagi, baca sama-sama yuk tips sukses mengikuti masa orientasi sekolah atau kuliah tanpa hambatan.

 

Persiapkan Diri Dengan Baik

Kedengarannya klise, tapi kita harus bisa mempersiapkan diri kita secara mental maupun fisik buat masa orientasi nanti. Karena masa orientasi biasanya lebih banyak dilakukan diluar ruangan, maka kita harus lebih mempersiapkan diri kita sebelumnya. Enggak penginkan, saat tur keliling kampus kita tiba-tiba enggak nyaman soalnya badan kita kurang fit?

 

Baca juga: Seleb Pintar Yang Kuliah Di Kampus Terkenal

 

Mitos Bully Kakak Kelas

Enggak perlu khawatir soal mitos bully kakak kelas yang beredar luas, karena belum tentu terjadi. Siapa tahu, di sekolah atau kampus nanti kakak kelas kita baik-baik dan selalu menolong kita. Tapi, terus waspada kalau merasa ada sesuatu yang ganjil terhadap kita atau teman kita nanti. Jangan ragu melaporkan ke pihak kampus kalau kita melihat perbuatan bully yang bisa mengganggu keselamatan diri atau orang lain.

 

Siapkan Perlengkapan

Bila diminta memakai atau membawa perlengkapan tertentu, bawa dengan baik. Kalau kita mempersiapkannya dengan baik, artinya kita menghormati dan menghargai kakak kelas kita. Fungsi membawa perlengkapan ini apa sih? Jangan salah lho, ada beberapa perlengkapan yang kita bawa sebenarnya berhubungan dengan kegiatan belajar dan mengajar nanti. Ingat, tanpa masa orientasipun setiap sekolah pasti punya aturan yang berlaku bukan? Nah, dengan mengikuti prosedur orientasi dengan baik, kita dilatih menjadi disiplin, belajar menghargai, kebersamaan, saling berbagi dan mencintai sekolah kita nanti.

 

Baca juga: Gaya Kuliah Ala Pelajar New York

 

Sosialisasikan Diri Dengan baik

Maksud sosialisasikan diri kita dengan baik, artinya jangan ragu menjelaskan kalau kita punya masalah fisik kepada kakak kelas atau guru. Misalnya, kita menderita asma kita bisa menyampaikannya supaya kegiatan fisik yang kita lewati nanti enggak terlalu berat.

 

Kompak

Masa orientasi akan menunjukan siapa diri kita sebenarnya. Kalau kita tipe yang enggak kompak, artinya kita individualisme dan masih egois. Tunjukan kalau kita anggota atau ketua yang baik dengan bersikap tenang, wibawa, menolong sekaligus mengayomi teman lain bila terjadi masalah. Enggak perlu terlalu banyak pikiran sikap kita mengundang haters karena iri, takut dikomentari sesuatu atau berbuat salah. Yang penting kita harus bisa menunjukan sikap kompak lebih baik.

 

Baca juga: Surviving Guide Anak Baru Di Sekolah

 

 

(stefanie, foto: globalgrind.com)

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN