Tips Ngobrol tentang Seks dengan Orangtua

Published by : Marti Posted on : Senin, 5 Mei 2014

Tips Ngobrol tentang Seks dengan Orangtua

Kadang rasa canggung untuk ngobrol tentang seks dengan orangtua itu tetap ada. Tapi daripada kita terus-terusan penasaran, kita harus memberanikan diri untuk bertanya lebih dahulu. Apalagi kalau orangtua kita termasuk orangtua yang enggak terlalu terbuka dan menganggap membahas seks adalah hal yang tabu. Untuk itu, kita simak tips berikut yuk supaya kita bisa ngobrol dengan santai soal seks dengan orangtua.

 

Siap dengan tatapan canggung

Ketika kita bertanya tentang masalah yang berbau seks ke orangtua kita, kita harus siap dengan tatapan kaget mereka ke kita. Pasti mereka merasa shock ketika anak remajanya mulai penasaran dengan hal ini. Tenang, karena hal ini adalah hal yang wajar. Mereka pun sama canggungnya dengan kita dan bingung bagaimana cara menjawabnya, seperti kita bingung bagaimana cara bertanya. Tapi kita enggak boleh menyerah sampai di sini.

 

Kasih tahu alasan bertanya

"Kenapa kamu nanya soal itu?" adalah pertanyaan yang pasti dilontarkan oleh orangtua kita. Kalau mereka meminta alasan kita bertanya, maka berikan mereka alasan yang jujur mengapa kita penasaran soal hal tersebut. Enggak perlu alasan yang dibuat-buat, tapi cukup menjawab, "karena aku penasaran dan pengin tahu langsung dari papa atau mama." Dengan begitu mareka akan mengerti mengapa kita bertanya dan bisa menjawab dengan santai.

 

Bertanya dengan tenang

Kalau pun orangtua kita adalah orangtua yang paling liberal dan terbuka sekali pun, menjelaskan hal tentang seks ke kita bukanlah hal yang mudah. Maka itu ada baiknya kita enggak bertanya dengan buru-buru dan menodong mereka dengan 1001 pertanyaan sekaligus. Mereka pasti bisa menjawab segala pertanyaan kita dengan maksimal juga. Jangan sampai antusiasme yang berlebihan bikin mereka kesal dan malas menjawab.

 

Tanya di waktu yang tepat

Pilih waktu yang tepat ketika kita memutuskan untuk bertanya dan ngobrol soal seks dengan orangtua. Ketika kita dan orangtua lagi enggak terburu-buru bisa jadi pilihan waktu yang tepat. Atau ketika lagi sama-sama duduk santai. Pilihan waktu yang tepat bisa jadi pengaruh yang besar dengan cara mereka menjawab rasa penasaran mereka. Yang penting juga adalah pastikan mereka lagi dalam mood yang baik, ya.

 

Dengarkan saran mereka

Ketika kita memilih ngobrol soal seks dengan orangtua, kita enggak hanya akan mendapatkan jawaban, tetapi juga beribu nasihat. Hal ini wajar karena orangtua pasti takut kita mengambil kesimpulan yang salah dan malah terjerumus ke hal negatif. Maka itu dengarkan baik-baik saran dari mereka dan percaya deh kalau orangtua pasti menasihati yang terbaik untuk kita.Dengan mendengarkan nasihatnya, kita juga menunjukan kalau kita sudah cukup dewasa untuk ngobrol soal seks dengan mereka.

 

Kita juga harus tahu kenapa ngobrol soal seks dengan orangtua kita jadi hal yang penting. Alasannya bisa langsung kita lihat di sini.

 

(audrey, foto: americanprofile.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN