Tips Mudah Tertidur Pulas Saat Insomnia Melanda

Published by : Marti Posted on : Jumat, 6 Juni 2014

Tips Mudah Tertidur Pulas Saat Insomnia Melanda

Rutin belajar malam selama ujian, membuat jadwal tidur kita berantakan. Walaupun kita berusaha untuk tidur lebih awal atau pada jam tidur kita sebelumnya, kenapa ya merasa sulit tidur pulas? Insomnia memang menganggu banget ya girls? Yang merasa kesulitan tidur malam, baca tips mudah tertidur pulas saat insomnia kita melanda!


Atur Jadwal Secara Bertahap

Saat tubuh lelah, kita butuh tidur supaya energi kita kembali terisi. Tidur yang paling baik adalah saat malam hari. Makanya jangan heran kalau orangtua kita meminta untuk tidur pada jam tertentu karena hal ini sangat baik! Saat kita merasa kesulitan tidur, atur kembali jadwal kita secara bertahap. Kenali jam paling malam kita bisa tertidur. Mundur satu jam sebelum pada keesokan harinya. Sampai pada akhirnya kembali ke jam tidur semula.


Pakai Kaos Kaki

Tahu enggak, sebuah penelitian menemukan cara kalau dengan menggunakan kaos kaki kita akan lebih mudah tidur. Saat kaki kita merasa hangat, kita akan mudah mengantuk. Selain itu, kaos kaki juga berguna lho untuk menjaga kesehatan kita. Termasuk membantu masa penyembuhan saat sakit, kalau kita memakainya saat tidur.


Suhu Ruang Yang Dingin

Secara alami, tubuh kita ikut mengeluarkan hawa panas saat berada di ruangan yang panas. Makanya, kalau kita tidur di ruangan yang panas dan jauh dari ventilasi udara yang baik terasa enggak nyaman. Penelitian membuktikan bahwa 19,44 derajat Celsius. Tidur di suhu ruang yang hangat membantu kita mudah tertidur, tapi tidur di suhu ruang yang dingin membantu kita tidur pulas tanpa terganggu.


Pilih Jam Analog

Coba ganti jam kamar kita menjadi jam yang lebih ramah suaranya atau menggunakan jam analog. Jam digital bisa mengganggu tidur kita karena mengeluarkan cahaya dan alarm. Meski cahayanya sangat minim, kita tetap bisa terganggu.


Matikan Lampu

Penelitian membuktikan tidur dalam keadaan gelap lebih bermanfaat daripada terang. Benda apapun yang bisa mengeluarkan cahaya meski kecil juga bisa menganggu pola tidur kita. Supaya jauh dari gangguan, pakai penutup mata untuk tidur.


Matikan Semua Gadget

Gadget yang kita sering gunakan setiap hari seperti tv, laptop, handphone atau game konsol, berperan penting dalam insomnia. Supaya jauh dari gangguan, matikan semua gadget dan simpan di tempat yang jauh dari area tempat tidur kita. Menggunakan peralatan gadget atau elektronik bisa menstimulasi otak supaya tetap sadar. Sehingga kita akan kesulitan mengantuk meski badan sudah lelah.

 

 

(stefanie, foto: parade.condenast.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN