Tips Mngubah Reputasi Buruk Di Sekolah Menjadi Lebih Baik

Published by : Marti Posted on : Kamis, 22 Mei 2014

Tips Mngubah Reputasi Buruk Di Sekolah Menjadi Lebih Baik

Apa benar ada cara mengubah reputasi kita di sekolah menjadi lebih baik? Tiap orang pasti pernah melakukan kesalahan di manapun dan kapanpun. Saat terjadi masalah, kita merasa bingung merubah reputasi kita lebih baik seperti dulu. Apa saja cara mengubah reputasi buruk di sekolah menjadi lebih baik?

 

Buat Perubahan

Kalau kita sudah terlanjur mendapat label buruk dari teman sekolah, sebaiknya kita melakukan perubahan. Jujur saja, butuh kerja keras untuk melakukan perubahan dan memperlihatkannya kepada orang lain. Tapi, cara ini benar-benar berguna saat teman-teman kita menyadari perubahan positif kita. Jangan pernah melakukan white lies, hanya untuk membuat mereka tertarik dengan kita. Coba lebih ramah kepada siapapun termasuk haters kita. Yang terpenting, kita harus sadar tiap melakukan kesalahan dan berusaha memperbaiki atau menyelesaikannya dengan baik. Coba cari tahu pemicu permasalahan ini, minta maaf kepada orang itu bila perlu.

 

Gosip

Saat kita berhadapan dengan rumor buruk di sekolah, coba cari akar gosip tersebut. Saat mencari tahu, hindari sikap emosi atau drama. Kumpulkan seluruh informasi secara detail dan hubungkan permasalahan untuk mencari jawaban dan alasan mereka melakukan itu. Kalau sahabat kita ikut menghampiri dan bilang, "Aku mendengar hal ini dan itu dari orang lain, apa benar?" coba dengarkan dulu cerita mereka sampai selesai tanpa penjelasan. Kalau sudah, coba perbaiki cerita dengan menjelaskan secara detail apa yang sedang terjadi. Minta bantuan mereka mencari tahu siapa yang menceritakan hal ini. Dan tetap bersikap dewasa supaya bisa menghadapi masalah ini lebih baik dan orang lain percaya kalau ini hanya rumor palsu.

 

Cari Sahabat Yang Bisa Dipercaya

Reputasi buruk terjadi dari lingkaran terdekat kita. Artinya, ada seseorang yang sengaja menjatuhkan kita saat mengetahui sesuatu soal kita. Coba deh pikirkan baik-baik, pasti kita sering curhat atau menceritakan rahasia kita dengan sahabat. Kalau memang kita mendengar berita ini beredar, berarti ada seseorang yang mengkhianati kita. Sebelum menuduh, coba cari tahu siapa yang melakukannya dan bicarakan hal ini baik-baik berdua. Bila enggak ada perubahan positif, keluar dari pertemanan dan cari sahabat baru. Dengan begitu, kita akan terlindungi dari masalah dan drama yang bisa membuat kita merasa kecewa.

 

Bersikap Baik

Saat melakukan kesalahan, meskipun kesalahan ini besar, coba tetap tenang. Masalah besar bisa menyebabkan hal yang enggak membuat kita nyaman di sekolah. Misalnya, sahabat ikut menjauhi karena enggak menghormati kita atau bullying. Ingatkan kisah bullying yang memilukan dari cewek bernama Amanda Todd? Intinya, tetap bersikap baik meski keadaan semakin buruk. Curhat dengan guru dan orangtua kalau keadaan kita semakin menganggu atau bahkan mengarah kepada kekerasan fisik.

 

Semua Melaluinya

Bersikap positif dan terbuka. Hampir semua remaja ernah mengalami kejadian enggak menyenangkan. Coba lihat kisah hidup seleb idola kita. Meski mereka sering tersandung masalah, skandal bahkan label buruk, mereka bisa menjalani hidup dengan baik. Seleb idola kita berusaha hidup positif, berubah dan terus berkarya. Yuk, kita move on!

 

 

(stefanie, foto: crfcap.org)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN