Tips Menolak Ajakan Sahabat Yang Negatif

Published by : Marti Posted on : Minggu, 27 Juli 2014

Tips Menolak Ajakan Sahabat Yang Negatif

Pasti kita semua sering kebingungan tiap kali pengin menolak ajakan sahabat yang negatif. Contohnya merokok, minum alkohol, bolos sekolah dan lain-lain. Ajakan ini enggak hanya bisa merugikan buat masa depan kita. Masalahnya, kita kesulitan menolak. Atau tiap kali bilang enggak kepada mereka, sahabat kita menjauhi atau malah mengejek kita. Gimana cara dan tips menolak ajakan sahabat yang negatif ya?

 

Jangan Menggurui

Kesalahan yang sering kita lakukan tiap kali diajak sahabat, sikap menggurui. Maksud kita sebenarnya baik, pengin memberitahu mereka akibat sikap negatif yang dilakukan dia. Tapi, dengan sikap ini kita justru akan semakin kewalahan. Apalagi kalau sahabat tiba-tiba bully kita hanya karena enggak mau melakukan hal negatif ini.

 

Baca juga: Tips Menolak Ajakan Teman Minum Alkohol

 

Tolak Secara Halus

Supaya enggak terjerumus tapi enggak merubah persahabatan, kita bisa menolak ajakan sahabat secara halus. Misalnya saat kita diajak merokok, kita bisa bilang kalau alergi asap rokok. Atau, saat sahabat kita mengajak minum alkohol kita bisa bilang harus pulang cepat atau kehabisan uang. Dengan begitu, kita bisa menghindari dan kasih kode ke sahabat kalau sebenarnya kita enggak menyukai kebiasaan buruk ini.

 

White Lies

Sekali-kali selama kebohongan ini buat yang terbaik, kita bisa gunakan buat menolak ajakan sahabat yang menjerumuskan kita ke hal negatif. Kita bisa kasih sedikit white lies seperti "Aku sudah minum (alkohol) tadi," atau "Sorry, aku nanti dijemput mamaku jadi enggak bisa merokok."

 

Baca juga: Tips Jujur Kepada Sahabat Tanpa Menyakitinya

 

Ganti Suasana Positif

Supaya bisa mengajak sahabat keluar dari lingkaran yang enggak baik, kita bisa menolak ajakan sambil mencari kegiatan yang lebih positif buat sahabat kita. Misalnya daripada bolos sekolah, kita bisa ajak sahabat ikut eskul atau belajar di perpus pas jam pelajaran kosong. Suasana positif enggak hanya bisa bikin lingkaran persahabatan kita tetap sehat. Tapi juga membantu sahabat kita supaya lebih baik dan menghindari sikap negatif.

 

Baca juga: Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

 

 

(stefanie, foto: wifflegif.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN