Tips Menjadi Vegetarian Yang Baik Buat Remaja

Published by : Marti Posted on : Rabu, 18 Juni 2014

Tips Menjadi Vegetarian Yang Baik Buat Remaja

Saatnya beralih menjadi vegetarian yang baik. Kalau kita sudah berkomitmen ingin melakukan perubahan positif seperti vegetarian, kita harus mengenali dan merasa yakin saat melakukannya. Ada banyak hal yang perlu kita ketahui supaya pola makan ini tetap sehat dan bisa menyeimbangkan tubuh kita dengan maksimal. Berikut tips menjadi vegetarian yang baik bagi remaja.

 

Apa Sih Vegetarian Itu?

Vegetarian artinya kita enggak makan daging. Meski begitu, ada beberapa vegetarian yang tetap mengkonsumsi produk turunan dari hewani, misalnya keju, telur dan susu. Misalnya Ovo-vegetarian yang makan telur tapi enggak produk hewani lainnya. Atau Lacto-vegetarian yang makan susu dan keju tapi enggak mengkonsumsi telur. Ada juga Ovo-lacto-vegetarian yang masih bisa mentoleransi keju, susu dan telur. Mengkonsumsi ikan bukan termasuk vegetarian, tapi Pescatarians. Dan ini jauh berbeda dalam kelompok vegetarian.

 

Pengganti Asupan Gizi?

Diet vegetarian berarti asupan vitamin dan mineral yang didapatkan dari hewani berkurang. Salah satunya omega-3, zat besi, zinc, vitamin B-12 dan C. Untungnya kita bisa mensiasatinya dengan menu lain yang kandungan gizinya sama baik. Makanan yang mengandung omega 3 adalah kacang-kacangan. Sedangkan zat besi bisa kita dapatkan dari biji-bijian, citrus, atau kacang polong. Makanan yang mengandung zinc adalah gandum, kacang, keju, kedelai dan lainnya. Zinc sangat dibutuhkan tubuh karena membantu imun tubuh melawan bakteri dan virus jahat. Untuk pengganti protein hewani, bisa kita dapatkan dari menu alternated yang dikandung pada sayur daun, kacang, dan produk turunan seperti keju, telur dan susu.


Tips Agar Sukses Menjadi Vegetarian

Hal tersulit mulai menjadi vegetarian adalah godaan menu makanan. Vegetarian bisa membuat kita merasa bosan dengan menu yang disajikan. Yang perlu kita pahami, vegetarian bukan cara kita mengkonsumsi sesuatu. Tapi cara kita menjalani hidup. Supaya enggak bosan, diskusikan dengan hali gizi untuk mencari pilihan menu yang tepat. Perbanyak browsing menu atau resep dan ikut bergabung dengan komunitas vegetarian agar bisa mencari alternatif masakan.

 

 

(stefanie, foto: 973fm.com.au)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN