Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik

Published by : Marti Posted on : Selasa, 10 Juni 2014

Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik

Enggak percaya diri saat diminta menjadi pemimpin oleh guru dikelas? Jangan khawatir girls. Kita hanya butuh melewati proses tahapan menjadi pemimpin yang baik. Kalau masih merasa kurang percaya diri, coba tips menjadi pemimpin yang baik di bawah ini.

 

Percaya Diri

Tingkatkan kepercayaan diri saat ditunjuk menjadi pemimpin. Percaya diri merupakan aset setiap pemimpin dunia yang penuh inspirasi. Dengan percaya diri, orang lain akan cepat mengerti dan memahami apa yang kita ucapkan. Kalau merasa gugup saat harus presentasi di depan kelas, tetap berusaha tenang. Percaya diri saja, dengan menunjukan kita percaya diri orang lain enggak akan mengetahui atau mendeteksi saat kita melakukan kesalahan saat presentasi.

 

Siap Mengambil Resiko

Setiap pemimpin pernah gagal, tapi setidaknya mereka enggak takut saat melakukan suatu hal meski pada akhirnya gagal. Maka dari itu, jauhkan rasa takut akan gagal saat kita ditunjuk menjadi pemimpin. Diskusikan apa yang ada dibenak kita dan terima segala masukan maupun kritikan anggota supaya hasilnya lebih baik dan meminimalisir kegagalan.


Tahu Kapan Kita Harus Mundur Dan Maju

Enggak selamanya kita harus maju saat mempertahankan sesuatu atau di tengah debat. Pemimpin yang baik harus bisa bersikap bijaksana dengan mengalah untuk mundur dan tahu kapan waktu tepat buat maju. Pada sesi tanya jawab, diskusikan terlebih dahulu jawaban yang tepat. Berikan kesempatan kepada yang lain untuk menjawab, dan wakilkan saat mereka malu untuk menjawab pertanyaan tersebut.

 

Terima Kasih

Apapun hasilnya, tetap berterima kasih kepada seluruh anggota yang kita pimpin. Dengan terima kasih kita berarti menghargai setiap usaha dan dukungan mereka. Termasuk rasa kepercayaan mereka saat dipimpin oleh kita. Dengan begitu, mereka enggak akan ragu menunjuk kita sebagai pemimpin pada tugas selanjutnya.

 

 

(stefanie, foto: huffingtonpost.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN