Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk Dan Enggak Sehat Sehari-Hari

Published by : Marti Posted on : Minggu, 13 Juli 2014

Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk Dan Enggak Sehat Sehari-Hari

Pengin menghilangkan kebiasaan buruk dan enggak sehat yang kita lakukan sehari-hari? Ternyata ada cara sederhana yang bisa bikin kita merasa mudah menghilangkannya dalam waktu dekat. Kebiasaan buruk seperti merokok, mengigit kuku, makan junk food atau kebiasaan enggak sehat lainnya kalau kita terus-menerus lakukan bisa berdampak negatif. Penasaran pengin coba? Cek yuk, tips menghilangkan kebiasaan buruk dan enggak sehat sehari-hari.

 

Tanyakan Diri Sendiri

Coba lakukan riset terhadap diri sendiri. Kebiasaan buruk apa yang sering kita lakukan walau banyak yang melarangnya. Kenapa kita lakukan itu dan apakah menurut kita kebiasaan ini bermanfaat atau enggak? Dengan melakukan intropeksi diri melalui riset pada diri kita sendiri, kita bisa menentukan dan memotivasi diri kita sendiri supaya berubah.

 

Baca juga: Kebiasaan Buruk Yang Merusak Rambut


Bagaimana Kebiasaan Ini Terjadi

Coba ketahui lebih dalam lagi soal kebiasaan buruk kita. Apa yang memicunya, kapan dan dimana kita melakukannya setiap hari dan reward atau penghargaan apa yang bakal kita dapetin kalau kita berhenti. Mencoba berhenti enggak akan lebih mudah kalau kita bisa mengetahui lebih dalam supaya enggak mudah tergoda melakukannya.

 

Berhenti Dengan Cara Simple

Jangan memaksakan diri untuk melakukannya secara langsung, karena justru akan bikin kita cepat tergoda karena tekanan atau stress saat pengin berhenti. Lakukan perlahan dan bertahap sedikit demi sedikit. Kasih reward tiap kali kita berhasil menjalaninya dengan baik, misalnya menghabiskan waktu seharian di salon kalau kita bisa berhenti merokok. Tapi kalau belum bisa mengurangi kebiasaan merokok kita enggak akan ke salon sama sekali.

 

Baca juga: 11 Bahaya Rokok Yang Kita Harus Tahu

 

Cari Rutinitas Dan Dukungan

Cari rutinitas dan dukungan supaya kita bisa melupakan kebiasaan buruk kita. Misalnya kita sering menggigit kuku kita tiap kali merasa gelisah, coba cari kegiatan yang lebih sering menggunakan tangan. Seperti melukis, menulis cerpen, bikin pra karya dan lain-lain. Minta dukungan sahabat atau keluarga terdekat supaya terus mengingatkan kalau kebiasaan ini enggak baik.

 

Percaya Diri

Kebiasaan buruk bisa saja terjadi karena kita enggak pede sama sesuatu. Misalnya, kalau enggak ikutan merokok pasti kita enggak bisa berbaur atau kelihatan keren. Coba tingkatkan rasa pede kita supaya bisa merasa nyaman tanpa rokok. Tolak ajakan sahabat tiap kali mengajak kita mengulangi kebiasaan buruk tersebut.

 

Baca juga: Tips Menolak Ajakan Teman Minum Alkohol

 

 

(stefanie, foto: wordpress.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN