Tips Menghasilkan Uang Dari Hobi Favorit Kita

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 24 Mei 2014

Tips Menghasilkan Uang Dari Hobi Favorit Kita

Sering membuat prakarya atau punya hobi favorit? Ternyata bisa lho menghasilkan uang dari hobi atau prakarya yang kita buat setiap hari. Hobi favorit bukan berarti harus berbentuk barang, tapi juga bisa melakukan hal sesuatu yang menyenangkan misalnya musik. Daripada galau bagaimana cara menghasilkan uang dari hobi favorit kita?


Jangan Ragu Go Publik

Punya hobi atau jago bikin projek diy keren? Jangan ragu buta nunjukin kehebatan dan prakarya yang kita tampilkan kepada orang lain. Kita bisa memperlihatkan ke orang terdekat terlebih dahulu untuk minta pendapat. Bisa juga foto produk yang kita buat atau video-kan aksi gaya kita saat melakukan hobi tersebut dan upload di sosial media. Jangan lupa sertakan hastag sebanyak mungkin supaya lebih banyak dilihat oranglain. Tunggu komentar orang lain, dan aktif apabila ada yang bertanya. Kalau tanggapan mereka positif, berarti kita bisa mulai untuk memasarkannya.


Bersikap Profesional

Walau kita belum professional, jangan bersikap seperti amatir. Saat upload atau memasarkan bakat kita, jangan pernah menyertakan kata cita-cita, berharap dan amatir. Gunakan keahlian dan bakat sebaik mungkin saat menunjukan produk atau keahlian kita. Misalnya, kita suka bikin kue cupcakes dan kepengin memasarkan produk kita. Ikut saja bazar atau jual via online. Saat ada yang memesan buat sesempurna mungkin supaya dia tertarik buat membelinya lagi.


Mantapkan Tujuan dan Deadlines

Walau hobi kita masih awal, tetap fokus pada tujuan dan deadline supaya bisnis kita enggak berantakan. Kita harus bersikap seperti bos pada diri sendiri, dan hindari sikap pesimis saat ada yang mengkritik atau komplein usaha kita. Dengan adanya tujuan dan deadline, fokus kita bisa terarah dengan baik saat mengkoordinasi produk kita. Minta saran kepada orang dewasa atau yang lebih berpengalaman untuk bantu kita bikin rencana bisnis ke depan.

 

Kekuatan Media

Media punya pengaruh besar dalam memasarkan sesuatu. Biasanya sifat media memberikan peluang dilihat orang lebih banyak dan mendapat review singkat soal produk kita. Enggak perlu membayar mahal saat mulai bisnis kecil hanya untuk iklan pada media besar. Kita bisa mulai dengan endorsement lewat blogger Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya. Atau mulai pemasaran melalui situs jual beli gratis supaya produk atau jasa yang kita tawarkan lebih besar. Jangan takut juga untuk menghubungi beberapa media yang menurut kita oke dan sesuai dengan target pemasaran buat endorsement. Atau sekedar meminjamkan atau memberikan produk buat keperluan editorial mereka.

 

 

(stefanie, foto: entrepinas.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN