Tips Menghadapi Orangtua Yang Terlalu Mengontrol Atau Memaksa Permintaan

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 16 Agustus 2014

Tips Menghadapi Orangtua Yang Terlalu Mengontrol Atau Memaksa Permintaan

Tekanan permintaan orangtua memang menyulitkan, tapi ada tips menghadapi orangtua yang terlalu mengontrol atau memaksakan permintaan mereka kepada kita. Sikap memaksa atau mengontrol yang enggak sejalan dengan diri kita bisa membuat kita stress atau frustasi. Apalagi kalau tekanan kita mengganggu dan bikin kita minder menjalani aktivitas sehari-hari. Cari tahu yuk, tips menghadapi orangtua yang terlalu mengontrol atau memaksakan permintaan mereka kepada kita.

 

Lakukan Dulu

Kita mengerti kapasitas kemampuan diri kita, tapi saat orangtua kita memaksakan sesuatu butuh trik khusus meyakinkan mereka saat kita merasa berbeda dengan pendapat mereka. Daripada membantah yang ujungnya menjadi masalah, lakukan dulu permintaan mereka. Trik ini enggak hanya membahagiakan orangtua kita saja lho, tapi juga bisa menyadarkan secara enggak langsung kalau ternyata pendapat mereka salah. Lagi pula, enggak ada salahnya kita mencoba permintaan mereka. Siapa tahu ternyata saat mencobanya menyenangkan dan sesuai dengan minat kita.

 

Baca juga: Tips Menghadapi Tekanan Permintaan Orangtua Yang Bikin Stress

 

Adaptasi Pelan-Pelan

Saat kita menyukai sesuatu dan pengin melakukannya tapi dilarang orangtua kita, jangan langsung menangis drama. Coba adaptasikan hal yang kita maksud pelan-pelan. Misalnya, rajin-rajin memperlihatkan artikel, video youtube atau segala sesuatu yang positif soal keinginan kita. Secara perlahan, kita bisa membuka pola pikir mereka soal apa yang kita sukai. Supaya mereka bisa menerima dan memahami dengan baik apa yang kita pengin.


Seimbangkan Tuntutan Dan Keinginan

Kalau cara diatas belum ada yang berhasil, coba lakukan trik ini. Lakukan apa yang bikin mereka bahagia lalu seimbangkan dengan keinginan kita. Misalnya saat orangtua melarang kita pacaran, tunjukan dulu prestasi kita di sekolah walau saat itu mereka tahu kita sedang pdkt dengan cowok ini. Dengan memperlihatkan prestasi positif, orangtua enggak akan ragu mengizinkan atau menghargai keputusan kita nanti.

 

Baca juga: Tips Menghadapi Orangtua Yang Selalu Salah Paham Dengan Diri Kita

 

Jangan Pernah Mengecewakan Mereka

Jangan pernah sekali-kali mengecewakan orangtua kita. Kalau kita sudah diizinkan atau belum oleh mereka, bukan berarti kita menyepelekan dan bikin mereka kecewa. Sikap ini akan memperburuk keadaan dan hilangnya rasa kepercayaan mereka. Sikap memberontak enggak selamanya berakhir positif. Makanya, kita harus bisa lebih bijak menentukan sikap saat pengin melakukan sesuatu yang kita sukai.

 

 

(stefanie, foto: swoonreads.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN