Tips Menghadapi Orangtua Yang Selalu Salah Paham Dengan Diri Kita

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 16 Agustus 2014

Tips Menghadapi Orangtua Yang Selalu Salah Paham Dengan Diri Kita

Baca deh tips menghadapi orangtua yang selalu paham dengan diri kita, supaya kita bisa lebih dekat kepada mereka dengan baik. Punya orangtua yang selalu enggak sepaham atau salah paham dengan maksud kita, memang menyebalkan. Karena ini, kita sering berantem atau adu argument dengan mereka walau sebenarnya hal yang kita maksud sepele. Supaya bisa lebih dekat dengan orangtua kita, coba yuk tips menghadapi orangtua yang selalu paham dengan diri kita.


Tenangkan Pikiran

Tiap kali menghadapi atau berkomunikasi dengan orangtua kita, sebaiknya berusaha menenangkan pikiran kita sebelum berbicara dengan mereka. Bersikap positif dan jangan keburu emosi tiap kali mereka membicarakan sesuatu. Kalau mereka mengkritik kita, dengarkan sampai habis. Lalu jelaskan kepada mereka soal perilaku kita atau lebih baik diam supaya enggak menyulut masalah yang lebih lebar.

 

Baca juga: Tips Menghadapi Tekanan Permintaan Orangtua Yang Bikin Stress

 

Kenali Langsung

Orangtua kita selalu berkomentar soal pacar atau sahabat kita. Mereka menganggap sahabat atau pacar kita enggak baik padahal menurut kita mereka sangat baik dan bikin kita bahagia. Daripada terus menerus beradu argumen, langsung saja pertemukan mereka supaya enggak salah paham. Atau orangtua kita selalu mengeluh kegiatan kita diluar sekolah. Padahal kegiatan yang kita ikuti sangat positif dan kita menyukainya. Coba ajak sekali-kali mereka melihat kita mengikuti kegiatan ini. Misalnya saat band kita tampil di acara, pameran eskul kita atau saat kita menjadi volunteer di organisasi yang bermanfaat.

 

Baca juga: Cara Meyakinkan Orangtua Agar Mengizinkan Pacaran

 

Jangan Kabur Dari Masalah

Tiap kali ditegur orangtua atau saat mereka membanding-bandingkan kita dengan orang lain, hadapi dengan dewasa. Anggap teguran ini kritikan saat kita melakukan kesalahan atau sikap yang melewati batas. Dengarkan mereka tanpa mengomentari apapun dan coba berubah seperti yang mereka minta.

 

Cari Me Time Saat Tertekan

Permintaan atau sikap salah paham orangtua memang kadang bikin kita merasa frustasi atau stress. Saat ini terjadi, coba berikan waktu sejenak buat diri kita menjernihkan pikiran dan fisik kita supaya lebih baik. Kalau kita sulit mendapat izin keluar rumah, lakukan me time sederhana di rumah. Misalnya baca buku sambil minum cokelat panas di kamar atau halaman, bikin spa kecil atau jogging keliling komplek.

 

Baca juga: Hal Kecil Yang Bisa Bikin Bahagia Secara Instant Saat Stress

 

 

(stefanie, foto: www.teen.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN