Tips Menghadapi Masalah Kecanduan Sosial Media Atau FOMO Phobia

Published by : Marti Posted on : Kamis, 3 Juli 2014

Tips Menghadapi Masalah Kecanduan Sosial Media Atau FOMO Phobia

Mengalami masalah kecanduan sosial media atau FOMO (Fear of Missing Out) phobia? Saatnya kita mengurangi aktivitas ini supaya bisa menjalani kegiatan lebih positif. Pasti enggak mau dong ketinggalan momen keren lain atau menghabiskan hari libur di rumah karena sibuk dengan hp? Yuk, coba cara simple menghadapi masalah kecanduan sosial media atau FOMO phobia.

 

Baca juga: 8 Fakta Seputar Fomo Phobia

 

Ubah Pola Kepo

Oke, sosial media kayak Facebook atau Twitter atau Path, memang keren banget soalnya bisa bikin kita dan sahabat lain tetap terkoneksi setiap hari. Juga termasuk terlalu kepo buat melihat aktivitas mereka. Pas kita lihat sahabat kita liburan ke tempat yang keren, terus upload foto lucu dan bikin status yang bikin iri, langsung deh kita membanding-bandingkannya dengan kehidupan kita.

 

Tips: Stop di sini. Daripada kepo atau iri, kenapa enggak bikin hidup kita jauh lebih seru daripada sahabat kita. Enggak perlu jalan-jalan keluar negeri atau kota cuma kepengin kelihatan lebih keren. Coba rajin-rajin keliling tempat tinggal kita, eksplorasi dan ajak sahabat lain buat ikutan jalan-jalan. Foto-foto selfie atau objek menarik yang unik dan jarang yang tahu. Misalnya museum unik, piknik di taman, hunting kuliner atau berburu garage sale. Maksimalin penggunaan hp dengan benar lebih baik daripada kepo sama orang lain bukan?

 

Baca juga: Taylor Swift: Kepo Itu Enggak Baik

 

Matikan HP

Hp bisa bikin pola hidup yang enggak sehat, selain itu radiasi hp juga enggak baik lho buat tubuh kita. Hal ini memang sepele, tapi susah banget kan kalau kita jalanin. Ayo ngaku,berapa kali nyalain dan mattin hp saat kita komitmen enggak mau pakai hp terlalu sering?

 

Tips: Coba cari aktivitas lain misalnya marathon nonton dvd favorit, baca buku yang lagi populer, hangout ke mall, hunting baju di butik favorit, atau sekedar cuci mata sama sahabat. Apapun kegiatan kita, biasakan enggak tergoda melihat hp kecuali ada yang telpon. Cara lain biar enggak fanatik pakai hp, coba sekali-kali jangan aktifin paket internet di hp kita. Dengan begitu, rutinitas kita dengan hp berkurang.

 

Takut Dianggap Enggak Gaul

Kalau kita takut atau khawatir dianggap enggak gaul karena enggak aktif pakai sosial media, cuek saja girls.

 

Tips: Informasi keren enggak hanya bisa kita dapatkan dari hp. Tapi bisa juga dong browsing website favorit di laptop, nonton tv, ketemu sahabat atau lebih sering eksplorasi dengan sekitar kita. Selain wawasan kita lebih banyak, kita bisa bertemu banyak orang yang lebih menyenangkan nantinya.

 

Baca juga: Tips Jadi Populer Di Sekolah


Bebas Dari Drama

Bete banget dong tiap kali kita tweet tiba-tiba berubah jadi perang tweet? Twitter emang keren soalnya lebih cepat update dan kita bisa tahu apa yang terjadi di seluruh dunia dengan mudah. Gara-gara terlalu mudah, kita terkadang sedikit drama atau malah jadiin Twitter media pribadi kita, seperti diary. Mengumbar masalah pribadi di sosial media ternyata bisa berubah jadi bencana. Gimana cara berhenti ya?

 

Tips: Lain kali sebelum kita menulis status, coba tanya baik-baik di dalam hati kita. Yakin kita mau menulis ini atau cuma karena galau dan emosi? Apa aku harus update status tiap lima menit sekali? Apa menulis status ini bisa bikin hidupku lebih bahagia? Mengurangi drama atau mengurangi aktif di sosial media akan bikin kita lebih tenang dan bahagia.

 

 

(stefanie, foto: pandawhale.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN