Tips Menghadapi Kedua Sahabat Yang Lagi Bermusuhan

Published by : Marti Posted on : Selasa, 22 Juli 2014

Tips Menghadapi Kedua Sahabat Yang Lagi Bermusuhan

Yang lagi bingung menghadapi kedua sahabat yang lagi bermusuhan, coba cek tips ini. Pernah merasa terjebak diantara permusuhan sahabat kita? Semua permusuhan bisa memicu kondisi yang enggak nyaman buat persahabatan kita. Apalagi saat kita terjebak atau berada di tengah dan mereka berusaha meminta kita buat memilih. Duh, ada tips menghadapi kedua sahabat yang lagi bermusuhan supaya kita enggak salah menentukan sikap. Kayak apa ya tips menghadapi kedua sahabat yang lagi bermusuhan?

 

Jangan Berkomentar

Saat kedua sahabat kita bermusuhan, keduanya pasti curhat kepada kita. Saat mereka curhat, usahakan enggak memberikan komentar apapun. Jadi pendengar yang baik supaya perasaan dan emosi mereka lebih baik. Kalau mereka memaksa kita memberikan pendapat atau komentar, usahakan pendapat kita senetral mungkin. Atau bilang kepada mereka kalau kita enggak mau ikut campur terlalu jauh karena sayang kepada mereka berdua.

 

Baca juga: Tips Menghadapi Sahabat Yang Sering Membicarakan Kita Di Belakang

 

Bersikap Netral

Jangan pernah memilih siapapun karena akan memperburuk keadaan. Tetap berada di tengah atau bersikap netral walau cara ini sangat sulit kita lakukan. Kadang masalah bisa menjadi rumit kalau kita berusaha memihak atau salah memberikan pendapat kepada kedua sahabat kita. Simpan opini kita buat diri kita sendiri dan usahakan bikin kedua sahabat kita tenang.


Cari Akar Masalah

Kedua sahabat kita pasti punya opini yang membenarkan diri mereka masing-masing. Cari tahu apa yang bikin mereka bermusuhan. Dengan mengetahui akar masalah, kita bisa pelan-pelan mempertemukan mereka berdua buat membahas masalah secara netral sampai tuntas.


Cari Waktu Tepat Buat Bertemu

Kalau kepengin mempertemukan mereka berdua supaya masalah cepat selesai, lebih baik mencari waktu yang tepat. Lebih cepat memang lebih baik, selama emosi mereka sudah kelihatan stabil dan terkendali. Coba atur pertemuan enggak sengaja, supaya keduanya mau datang. Buka pembicaraan dan bantu mereka menjelaskan serta mencari solusi terbaik.

 

Baca juga: Cara Jitu Menghadapi Teman Yang Suka Ngomong Di Belakang


Selesaikan Sampai Tuntas

Walau nanti ada pihak yang enggak minta maaf, masih enggak setuju buat move on atau apapun itu. Pastikan keadaan dan masalah keduanya selesai dengan tuntas. Setelah membicarakan hal ini dan mereka baikan, bersikap biasa kayak enggak ada yang terjadi setelahnya. Bantu dan bikin suasana menjadi nyaman, kalau masih ada sikap awkward. Dan congrats! Kita sudah menjadi sahabat yang baik, netral dan suportif saat membantu sahabat kita melewati masalah sulit.

 

 

(stefanie, foto: rebloggy.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN