Tips Menenangkan Diri Ketika Tertekan Dengan Aktivitas Sehari-Hari

Published by : Marti Posted on : Senin, 23 Juni 2014

Tips Menenangkan Diri Ketika Tertekan Dengan Aktivitas Sehari-Hari

Ada kalanya kita merasa kesulitan menenangkan diri ketika tertekan dalam situasi sehari-hari. Mulai dari tugas sekolah, sahabat yang menyebalkan sampai urusan percintaan. Bagaimana ya tips menenangkan diri ketika merasa tertekan dengan aktivitas sehari-hari?

 

Kesal Menunggu Antrian

Kesal menunggu antrian panjang? Seperti antri saat kepengin buang air kecil, bayaran sekolah atau menunggu giliran ujian praktek. Hal kecil seperti ini terkadang bisa membuat kita merasa tertekan atau kesal karena menunggu lama. Supaya enggak merasa kesal, coba pelan-pelan tarik nafas panjang dan buang secara perlahan. Agar merasa sedikit tenang dan enggak merasa stress.

 

Tugas Menumpuk

Baru saja mendapat tugas rumah ini, tiba-tiba guru lain memberikan tugas dan jangka waktu yang sama! Jangan keburu panik atau enggak semangat menyelesaikan tugas tersebut. Kerjakan perlahan dan jauhkan gadget yang bisa mengganggu fokus kita saat mengerjakan tugas.

 

Tuntutan Prestasi

Orangtua kita selalu marah saat nilai ulangan kita jelek. Selain itu mereka minta agar kita bisa mendapatkan atau membandingkan prestasi kita dengan orang lain. Daripada bete atau kesal dengan orangtua kita, kenapa enggak berubah atau cari cara belajar yang lebih efektif. Buktikan kalau kita juga bisa berprestasi semampu atau dengan aktivitas lain. Misalnya musik, seni, olahraga atau lainnya.

 

Kakak Kelas

Kakak kelas terkadang membuat kita enggak nyaman atau merasa tertekan karena kita merasa takut di bullying. Setiap kali merasa tertekan, coba tetap berpikir secara negatif. Dekati kakak kelas kita supaya mereka mau menerima kita sebagai teman. Jangan ragu melaporkan ke guru kita kalau tindakannya sudah melewati batas.

 

 

(stefanie, foto: disabilityrightsgalaxy.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN