Tips Memilih Kost Buat Kuliah

Published by : Marti Posted on : Rabu, 9 April 2014

Tips Memilih Kost Buat Kuliah

Saat tahu kalau tempat kuliah kita jauh dari rumah, mau enggak mau kita wajib mencari tempat tinggal. Bisa nyewa rumah, apartemen atau kamar sesuai dengan budget kita. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan saat memilih dan pindah ke tempat tinggal baru. Berikut beberapa persiapan wajib agar enggak menyesal nantinya. 

 

Tiga Bulan Sebelum

Mulai rajin hunting tempat tinggal sesuai budget. Jangan maksain keadaan kalau kita hanya bisa menyewa tempat biasa. Banyak kok kamar kost terjangkau yang nyaman dan fasilitasnya oke. Kalau lokasi kita terlalu jauh dan sulit hunting di sana, cari melalui online. Banyak situs sewa menyewa yang bantu kita mencari tempat tinggal sesuai keinginan. Yang perlu diingat, pindahan itu biayanya mahal. Biar irit, cari bantuan keluarga atau sahabat untuk pindahan. Dan persiapkan barang-barang kebutuhan dari jauh hari supaya enggak dadakan dan biaya pindahan semakin bengkak.

 

Tanyakan apakah sewa tersebut termasuk furnitur, apa ada biaya tambahan untuk barang elektronik, dan keamanan. Biar enggak salah hitung biaya hidup saat tinggal nanti. Kalau mau lebih irit, cari teman yang menurut kita cocok buat tinggal bareng. Dengan begitu kita bisa menyewa rumah dengan harga dibagi rata dengan mereka. Misal biaya sewa rumah 12 juta pertahun dengan dua kamar,kita bisa tinggal berempat dengan sahabat. Kalau dibagi rata, kita hanya mengeluarkan biaya 250 ribu perbulannya!

 

Dua Bulan Sebelum

Setelah dapat tempat tinggal oke, kunjungi lokasi itu dan cari tahu sebanyak mungkin area sekitarnya. Ajak mama dan papa agar mereka enggak khawatir saat kita tinggal pisah dengan mereka. Mulai merapihkan dan koordinir barang yang akan kita bawa dan kita tinggalkan di rumah. Kalau frekuensi kita pulang seminggu sekali, sebaiknya jangan bawa pakaian terlalu banyak. Kita bisa pulang dan menukar pakaian berbeda nanti. Tapi, kalau tempat tinggal kita terlalu jauh, persiapkan barang bawaan sebaik mungkin.

 

Ingat transportasi apa yang akan kita gunakan nanti. Kalau harus memakai pesawat atau kereta, bisa mengirim barang dengan paket. Kenali dengan baik jarak dan berapa lama paket tersebut sampai di lokasi. Supaya kita enggak kebingungan kalau paket itu datang lebih dulu. Atau kita bisa membawa barang seperlunya, dan berbelanja di pasar lokal untuk kebutuhan lain. Selain enggak ribet, kita enggak perlu mengeluarkan ongkos banyak saat mengirim barang. Setelah selesai packing, jangan lupa label tiap dus. Misal box khusus pakaian, khusus logistik, elektronik dan khusus buku.

 

Satu Bulan Sebelum

Kalau kita tinggal Kekurangan kita menyewa rumah, kita harus mempersiapkan furnitur sendiri. Jadi kita terpaksa harus membawa lemari pakaian, kasur, perlengkapan dapur dan elektronik. Pilih lemari lipat dari parasut yang banyak di jual dipasaran. Selain murah, kita gampang mengepaknya di box. Jangan beli tempat tidur, tapi cari kasur busa atau spring bed agar enggak susah saat pindahan.

 

Satu Minggu Sebelum

Karena sudah mempersiapkan diri dengan baik, hari ini sebaiknya kita libur dari segala hal mengganggu soal kepindahan kita. Jangan mikirin apapun, ajak orangtua hangout dan habiskan waktu dengan orang-orang terdekat supaya kita enggak gampang homesick. Siapkan mental sebaik mungkin dan mulai belajar mengatur keuangan dengan baik.

 

Hari Pindahan

Oke, hari ini hari kita pindah. Pastikan semua terorganisasi dengan baik dan sudah lengkap. Sebaiknya pindah sepagi mungkin agar enggak terlalu malam saat sampai. Saat pindah sebaiknya jangan menumpuk sajaTapi langsung membereskannya agar saat istirahat nanti kita bisa betah dan mudah beradaptasi. Jangan lupa siapkan snack dan minuman dingin supaya kita dan yang membantu kita enggak mudah capek atau lapar.

 

Biar merasa seperti rumah sendiri, atur dan dekorasi ruangan senyaman mungkin. Pastikan tempat tinggal kita yang baru aman. Periksa kondisi pintu dan jendela. Kalau perlu ditambah pengaman seperti selot atau gembok tambahan. Pasang tirai di jendela dan tambahkan aroma ruangan yang sejuk supaya makin betah di rumah.

 

 

 

(stefanie, foto: bigeasysmoving.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN