Tips Membuat Password Yang Aman (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 2 Mei 2014

Tips Membuat Password Yang Aman (Bagian 2)

Supaya semua akun social media dan kegiatan kita di dunia maya tidak terganggu, pastikan kita punya password yang aman. Ini dia tips membuat password yang aman.

 

Hindari membuat jawaban yang benar

Tapi ingat, jangan pernah berikan jawaban-jawaban yang benar di kehidupan nyata untuk beberapa pertanyaan di dunia maya, agar para penjahat di dunia maya terkecoh. Misalnya, untuk menjawab nama hewan peliharaan atau warna sepeda kita.

 

Saat ini semakin banyak orang berinvestasi dengan membuat password manager services and apps, seperyti LastPass, PasswordBox, and 1Password, yang pekerjaannya memang untuk membobol password, termasuk yang unik dan panjang sekali pun.

 

Cara untuk mengingat password

Menuliskan sejumlah password di secarik kertas lalu menyimpannya di dalam dompet memang bisa sangat berisiko. Akan tetapi, memilih password yang sangat unik dan panjang yang bisa kita tuliskan dan simpan di tempat aman akan lebih baik ketimbang memilih password yang mudah untuk diingat, terutama oleh pihak lain. Namun ada baiknya untuk selalu bisa mengingat password yang sangat panjang sekali pun.

 

Dasar yang paling utama dalam membuat password adalah mnemonics . Misalnya, pilih password berdasarkan suatu frasa yang mudah kita ingat, namun dengan huruf yang diacak. Atau, gunakan huruf pertama dari sebuah kalimat ungkapan sebagai password anda. Seperti, We Live While We Young, kita ubah menjadi WLWWY.

 

Sejumlah pakar keamanan di dunia maya kerap mengingatkan, untuk melawan kejahatan di dunia maya jangan sesekali berbuat kesalahan dengan password kita. Ubahlah password yang jauh lebih aman ketimbang hanya mengetik "1234" atau "password" saja.

 

(intan/Wall Street Journal/tabloidnova.com, foto: timeslive.co.za

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN