Tips Membuat password Yang Aman (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 1 Mei 2014

Tips Membuat password Yang Aman (Bagian 1)

Supaya semua akun social media dan kegiatan kita di dunia maya tidak terganggu, pastikan kita punya password yang aman. Ini dia tips membuat password yang aman.

 

Gunakan setidaknya lima password berbeda

Kesalahan terbesar para pengguna internet adalah selalu memilih hanya satu password saja untuk beberapa akun atau bahkan hal-hal lain di luar kegiatan berinternet. Padahal, jika kita hanya memilih satu password saja untuk melakukan banyak hal dalam keseharian, bukan tak mungkin akan mudah digunakan oleh orang lain di lain tempat.

 

Untuk memudahkan mengingat setiap password yang kita buat, lakukan pengelompokan. Misalnya, membuat lima kategori: perbankan, alamat email, media sosial, urusan belanja, dan laman yang paling sering kita kunjungi.

 

Dengan membuat pengelompokan tadi, setidaknya kita bisa membuat beberapa password unik yang sulit diketahui orang lain, misalnya dengan menggunakan dua huruf atau angka yang sama di setiap akhir password.

 

Namun jika ada notifikasi dari salah satu kategori tadi untuk segera mengubah password, ubah semua password yang ada dalam satu kategori tadi. Ini memang akan memakan waktu, tapi dampaknya akan membuat hidup kita lebih nyaman.

 

Pilihlah password yang "kuat" agar sulit diketahui pihak lain

Password seperti apa yang bisa dikatakan "kuat"? Semakin panjang password kita, semakin baik. Setidaknya terdiri dari 6-8 karakter huruf, dengan menyertakan angka, huruf besar, serta simbol di dalamnya. Jika tak sengaja password muncul di layar komputer atau gadget, segera ubah password!

 

Memilih nama hewan peliharaan atau nama keluarga untuk dijadikan password adalah pilihan yang buruk. Sebab biasanya penjahat di dunia maya akan mudah mengakses informasi personal kita menggunakan dua hal tadi. Misalnya, si penjahat akan leluasa memasuki laman media sosial Facebook kita, bahkan hanya dengan melihat status yang kita posting .

 

Sayangnya, sejumlah laman situs dan beberapa aplikasi memiliki standar sistem keamanan yang berbeda-beda. Sehingga mereka juga memiliki aturan berbeda tentang penyertaan angka atau simbol tertentu untuk dimasukkan ke dalam password yang diizinkan. Misalnya saja, ada yang menolak penyertaan simbol tertentu, padahal di akun lain boleh-boleh saja.

 

Tapi, sangat penting memilih password yang sangat unik, terutama untuk membuka akun email. Sebab, para hacker  atau pembobol jaringan internet bisa dengan mudahnya menggunakan fasilitas forgot my password untuk bisa memasuki sejumlah akun.

 

Strategi lainnya adalah dengan memberikan jawaban-jawaban "ngarang" atau palsu untuk beberapa pertanyaan security-challenge, seperti "What was your first bike?" "What was the name of your first pet?"  Sehingga para penjahat di dunia maya tak bisa dengan mudah menebak-nebak jawaban apa yang sebenarnya.

 

(intan/Wall Street Journal/tabloidnova.com, foto: timeslive.co.za

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN