Tips Membuat Header Blog

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 29 April 2013

Tips Membuat Header Blog

Ada yang masih bingung header itu apa? Coba, deh, lihat di bagian paling atas di halaman blog kita, yang selalu tampil setiap kita berpindah halaman atau menu, itulah yang dinamakan header. Karena selalu tampil di depan, makanya salah satu cara bikin blog kita jadi lebih menarik adalah dengan memasang header yang keren. Begini, nih, caranya...

 

o   Kita bisa membuat header sendiri dengan menggunakan software Adobe Photoshop. Caranya, buat dokumen baru yang ada di menu File, lalu pilih New. Isi kolom width, height, dan resolution, dengan angka sesuai ukuran panjang dan lebar header dari template blog yang kita pilih.

 

o   Setelah muncul file sesuai ukuran yang kita inginkan, isi dengan foto, gambar, atau teks, yang akan menjadi header kita, kayak header punya Onyit ini, nih.

 

o   Urusan desain header udah beres, sekarang tinggal kita upload header buatan kita di blog. Log in dulu ke blog kita (di sini Onyit pakai template di www.blogspot.com), lalu di bagian Manage Blogs, pilih menu Layout.

 

o   Kalau udah masuk ke menu Page Elements, klik tulisan edit yang dilingkari tanda merah seperti di gambar. Setelah itu langsung muncul window baru bernama Configure Header, pilih image header yang sudah kita buat.

 

o   Jangan lupa klik Save, untuk menyimpan image header pilihan kita. Tadaa.. Jadi, deh, header keren buatan kita.

 

Tips:

Header dari template desain blog enggak semuanya berukuran sama. Saat memilih template desain blog, coba di preview dulu, terus tekan tombol PrtSc SysRq di keyboard komputer. Pilih New File di Adobe Photoshop, tekan OK aja, enggak usah ganti ukuran file, lalu tekan Control+V, hasil preview dari blog kita akan terlihat di situ.

 

Setelah itu, gunakan Crop Tool untuk memotong preview blog kita itu sesuai ukuran header. Lalu lihat di menu Image, pilih Image Size, lihat angka di kolom Pixel Dimension, nah, itulah jumlah panjang dan lebar ukuran header yang kita pilih. Tinggal bikin New File lagi dengan ukuran header itu, terus masukkan foto atau gambar yang mau kita bikin jadi header. Gampang, kan?

 

Kita juga bisa menambahkan widget di blog kita. Klik di sini untuk tips-nya.

 

(muti/isma, foto: viewadsnmakemoney.webs.com)

 

Tags : life blog tips socmed

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN