Tips Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 3 November 2014

Tips Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Makanan sangat mempengaruhi stamina yang ada di dalam tubuh kita, termasuk konsentrasi. Pada saat kita belajar konsentrasi dan fokus sangat penting, apalagi daya ingat pada saat kita mau menjalani ujian. Otak terdiri dari sekitar 100 miliar sel (neuron) yang mengontrol semua fungsi tubuh utama, termasuk ingatan kita. Seperti semua sel-sel tubuh kita, sehingga otak membutuhkan jumlah yang cukup vitamin untuk menjamin kelancaran dan power supply terus menerus. Ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kita.

 

(Baca juga : Corat-coret Tingkatkan Konstentrasi)

 

Vitamin

Perbanyaklah untuk mengkonsumsi vitamin B (terutama B6, B12, dan asam folat) berkontribusi untuk fungsi saraf. Makanan kaya vitamin produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

 

konsen

 

Ikan Berlemak

Daging merah dan produk makanan lainnya yang didasarkan pada daging merah merupakan makanan yang kaya lemak jenuh. Makanan ini selain masalah kardiovaskular yang mereka ciptakan, mereka juga muncul untuk mengurangi kapasitas kinerja intelektual. Sebaliknya, kita dapat makan ikan, terutama ikan berminyak (salmon, trout, dan tuna) yang merupakan sumber yang sangat baik dari omega-3 asam lemak. Omega 3 telah terbukti oleh penelitian untuk meningkatkan memori dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

 

(Baca juga : 4 Cara Sederhana Untuk Lebih Fokus Pada Sekolah)

 

Mengganti Cairan Tubuh

Hidrasi yang memadai adalah sesuatu yang sering diabaikan. Setiap hari kita perlu mengisi air kita yang hilang biasanya melalui konsumsi berbagai cairan. Selain air, hidrasi tubuh dapat dicapai melalui sejumlah cairan, seperti kopi, teh, jus, minuman ringan, buah-buahan dan sayuran. Jangan lupa bahwa air dalam buah-buahan dan sayuran setinggi 70-80% dari berat badan mereka. Pentingnya hidrasi yang tepat juga dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa bahkan 3% dehidrasi (yaitu kurang dari 250 ml) menyebabkan kurangnya konsentrasi, daya ingat yang lemah dan mengurangi kinerja.

 

(razan, foto : weheartit.com, giphy.com)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN